Beranda Pesisir Barat Wabup Zulqoini Buka Gebyar 1 Muharram 1443 Hijriyah

Wabup Zulqoini Buka Gebyar 1 Muharram 1443 Hijriyah

626
0

Lintaspost.com – Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, SH di dampingi Ketua BKMT Kab. Pesisir Barat Septi Istiqlal Menghadiri acara Pembukaan Gebyar 1 Muharram 1443 Hijriyah Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021, di Sekretariat PKK, (Rabu, 11/8/ 2021).

Sebelum acara di mulai melakukan sholat dhuha bersama sebanyak 6 Rakaat.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati mengatakan pada hari ini kita bersama-sama memperingati tahun baru hijriyah, salah satu momentum yang penting dalam sejarah perjuangan agama dan umat islam, kalender hijriyah, yang janin kelahirannya diprakarsai oleh sahabat besar umar Ibnu Al-khottob Al-faruq, berkait lekat dengan peristiwa hijrrah. bahkan tahun permulaan dari kalender ini merujuk pada kisah dimana Rosullullah SAW berserta iringan sahabat beliau yang setia, mengayunkan langkah dari makkah menuju yatstrib, yang kemudian masyhur dikenal sebaga kota sang nabi, al-madinah. jika di makkah, target pencapaian dakwah nabi salallohu alaihi wa salam berkisar diantara pembentukan watak, pembangunan mental dan penataan keimanan serta ketakwaan kepada allah swt. maka sebaliknya di madinah nabi membangun sebuah bangsa yang tercerahkan, sekalian merajut peradaban yang dibanggakan.

 

oleh karna itu, semangat tahun baru hijriyah adalah optimisme dalam menghadapi tantangan jaman, untuk kemudian kita berhijrah menuju perubahan dan kemajuan yang diidam-idamkan. semarak muharram juga merupakan tonggak refleksi dan intropeksi bagi kita sebagai medan pemantapan sekaligus re-vitalisasi nilai-nilai agung yang telah disemai oleh rosulullah saw. agar kita sekalian tidak melupakan orientasi hidup yang bukan melulu bersifat materil dan duniawiyah, melainkan juga membutuhkan energi ruhani dalam rangka mencapai kebahagian ukhrowiyah. cita-cita kita adalah diridhoi oleh allah swt yang maha kuasa.

Kemudian itu, peringatan gebyar muharram ini dilaksanakan secara sederhana , sebagai akibat dari pandemi covid-19  pada hakikatnya tidak mengurangi makna dan nilai dari gebyar muharram ini bagi kita semua.

pada peringatan gebyar muharram ini marilah bersama-sama kita kembali kepada nilai-nilai ilahi dan moralitas qur’ani, serta berpegang teguh kepada akhlak ahlussunnah wal jama’ah. bersama dengan itu, kita tingkatkan kualitas kehidupan kita dengan menambah deretan prestsi dan bukan hanya bisa mencoretkan catatan buruk atau lukisan hitam belaka. demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. semoga allah swt, tuhan yang maha esa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan serta hidayahnya  kepada kita semua, jelasnya.(Holil)

Facebook Comments Box