Beranda Pendidikan IIB Darmajaya Terjunkan 106 Mahasiswa PKPM pada 4 Kecamatan di Kabupaten Pesawaran

IIB Darmajaya Terjunkan 106 Mahasiswa PKPM pada 4 Kecamatan di Kabupaten Pesawaran

302
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menurunkan 106 mahasiswa ke empat kecamatan yang tersebar di 16 desa di Kabupaten Pesawaran dalam rangka Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) Periode Ganjil 2022/2023.

Pelepasan dilakukan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D. di lapangan basket IIB Darmajaya, Rabu (1/2/23). Mahasiswa akan menjalani PKPM mulai 1–28 Februari 2023.

Dalam sambutannya, Abdul Aziz berpesan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di kampus dalam menjalankan Program PKPM. “PKPM ini agar mahasiswa dapat memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat,” ungkapnya.

Terutama, lanjut dia, dalam peningkatan perekonomian masyarakat untuk membantu pertumbuhan UMKM di desa. “Jaga nama baik diri dan kampus untuk mematuhi aturan yang ada di lokasi PKPM,” tuturnya.

Sementara, dalam penerimaan yang dipusatkan di Kecamatan Wayratai, Kabupaten Pesawaran tersebut, peserta PKPM diterima Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Camat Wayratai Darsoyo. Penyerahan dilakukan Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc. diwakili Wakil Rektor 3 Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.

Dalam sambutannya, Muprihan Thaib mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan pengalaman kepada mahasiswa yang telah menempuh pendidikan selama enam semester. “Sekarang kita turunkan dalam rangka belajar. Dari apa yang mereka dapatkan selama enam semester belajar di kampus untuk memotret, meng-capture apa yang terjadi di masyarakat,” ungkap dia seperti dikutip dari http://darmajaya.ac.id.

Setelah itu, lanjut dia, mahasiswa memberikan solusi untuk kepentingan masyarakat di sini (lokasi PKPM). Semoga, kata Muprihan, dari mereka dapat membantu aparatur kecamatan dalam menjalankan program pembangunannya. “Mudah-mudahan dapat bersinergi terutama tentang pengembangan sumber daya manusia. Dengan kehadiran mahasiswa juga bisa memberikan kontribusi,” bebernya.

Muprihan menambahkan bahwa IIB Darmajaya rutin melaksanakan pengabdian masyarakat. “Setelah kegiatan PKPM ini juga harapannya bisa keberlanjutannya. Kami dari IIB Darmajaya juga berharap untuk dapat terus berkontribusi di Kabupaten Pesawaran terutama di Kecamatan Way Ratai,” ujarnya.

Sementara, Camat Wayratai, Darsoyo, yang membacakan sambutan Bupati Pesawaran menuturkan bahwa keberadaan IIB Darmajaya tidak diragukan lagi dalam menggelar PKPM ini. “Apalagi, sebelumnya mahasiswa telah diberikan pembekalan. Kami pemerintah Kabupaten Pesawaran sangat berterima kasih atas dukungannya untuk pembangunan Provinsi Lampung umumnya dan Kabupaten Pesawaran khususnya,” ungkapnya.

Darsoyo menerangkan mahasiswa akan berkecimpung dan berhadapan langsung ke masyarakat hendaknya juga menggunakan metode komunikasi yang baik. “Saya berharap kegiatan PKPM ini tidak tercemar dari kegiatan lain. Jagalah nama baik kampus dan patuhi norma-norma agama. Jalin komunikasi dengan aparatur desa tempat lokasi PKPM untuk berjalannya pelaksanaan kegiatan tersebut,” harapnya. (**)

Facebook Comments Box