Beranda Pesisir Barat Dinas Perikanan Pesisir Barat Bersama IPB Kenalkan Rumpon Portabel

Dinas Perikanan Pesisir Barat Bersama IPB Kenalkan Rumpon Portabel

614
0

Lintaspost.com, PESISIR BARAT- Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat gandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) siapkan Rumpon Portable bagi nelayan setempat.

Rumpon merupakan salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan berupa rangkaian tali nilon dan juga di pasangi bambu untuk menarik perhatian ikan, yang dipasang di laut, baik laut dangkal maupun laut dalam untuk membantu nelayan dalam mencari ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat Armen Qodar mengatakan pengadaan Rumpon Portable tersebut di lakukan untuk meningkatkan potensi perikanan yang ada di wilayah setempat.

“Potensi perikanan kita di Pesisir Barat sangat besar, tetapi untuk menggali potensi tersebut saat ini kita masih belum maksimal, sehingga di butuhkan inovasi baru untuk menggali potensi tersebut yaitu dengan mengenalkan Rumpon Portable ini kepada nelayan kita,” jelas Armen saat di konfirmasi, Rabu, (17/11/2021).

Armen mengatakan sebelumnya Dinas Perikanan bersama IPB telah melakukan sosialisasi untuk mengenalkan Rumpon Portable tersebut kepada nelayan setempat, karena di perlukan pendekatan yang intensif untuk meyakinkan nelayan akan manfaat dari Rumpon Portable tersebut.

“Karena banyak masyarakat kita yang belum yakin terhadap penggunaan Rumpon yang menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencari ikan sehingga di butuhkan pendekatan yang lebih kepada nelayan untuk meyakinkan mereka bahwa Rumpon ini banyak manfaat nya,” jelas Armen.

Armen menjelaskan hadirnya inovasi rumpon portable nelayan tak perlu lagi membeli tali dengan panjang ratusan hingga seribu meter juga tidak perlu lagi menggunakan bambu dalam jumlah banyak, pelampung dan pemberat ratusan kilogram.

“Keunggulan rumpon portable ini yaitu penggunaan frekuensi suara sebagai sensor untuk menarik perhatian ikan, sehingga ikan akan lebih banyak yang datang ke rumpon tersebut, apa lagi rumpon portable ini sangat efisien untuk di bawa pulang kembali setelah melaut berbeda hal nya dengan rumpon tradisional yang harus di tinggal di tengau laut,” terangnya.

Oleh karena itu Armen berharap dengan adanya inovasi rumpon portabel yang di sediakan oleh IPB tersebut, bisa meningkatkan minat nelayan untuk menggunakan Rumpon khususnya rumpon portabel tersebut.

“Sebagai percobaan pihak IPB telah menyerahkan tiga unit Rumpon Portable kepada nelayan untuk uji coba agar masyarakat bisa melihat sendiri manfaat dari Rumpon Portabel tersebut,” tutupnya. Ar

Facebook Comments Box