Beranda Pendidikan Terima Kunjungan ITBN Palembang, IIB Darmajaya Jalin Kerja Sama dengan UBD Palembang

Terima Kunjungan ITBN Palembang, IIB Darmajaya Jalin Kerja Sama dengan UBD Palembang

38
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan kerja sama pengembangan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dengan Universitas Bina Darma (UBD) Palembang dan menerima kunjungan Institut Teknologi dan Bisnis Nasional (ITBN) Palembang, Rabu (10/11/2021).
Kerja sama ditandai dengan penandatangan antara UBD Palembang dengan IIB Darmajaya di ruang meeting lantai I Gedung Alfian Husin. Penandatanganan juga dihadiri Plt. Direktur MBKM Universitas Bina Dharma Poppy Indriyani, SE., M.Si., Akt., CA.; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya Dr. Faurani I Santi Singagerda, M.Sc.; Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya Zaidir Jamal, S.T., M.Eng.; Direktur MBKM Aswin, S.E., M.M.; dan ketua-ketua Prodi di IIB Darmajaya.
Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan Darmajaya telah melaksanakan program MBKM dari tahun 2008 dengan melakukan pertukaran mahasiswa ke perguruan tinggi mitra di luar negeri.
“Ada sekitar 50-an kampus di luar negeri mitra dalam rangka pertukaran mahasiswa. Kami juga mengirim mahasiswa ke China, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Rusia,” ungkapnya.
Menurut Aziz, yang mengikuti program pertukaran mahasiswa rata-rata perempuan. “Tidak ada penggunaan dana dari pemerintah, tetapi mahasiswa juga mandiri. Kerja sama internasional kami juga sangat baik seperti 6–7 mahasiswa selalu kami kirim ke Taiwan atau 8-10 mahasiswa pertukaran ke Malaysia dan sempat dua mahasiswi juga ke Rusia,” bebernya.
Kegiatan pertukaran mahasiswa yang dilakukan IIB Darmajaya tersebut juga sejalan dengan keluarnya Program MBKM saat ini. Karena, IIB Darmajaya memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar di luar kampus dengan memperoleh pengetahuan dari perguruan tinggi lain.
“Kuliahnya juga tidak terhambat selama menjalani kegiatan program pertukaran mahasiswa. Kita bisa belajar bersama-sama dalam menjalankan Program MBKM dengan tukar pikiran dan diskusi,” ujarnya.
Sementara, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UBD Palembang, Dr. Desi Misnawati, M.I.Kom. mengatakan, selama ini, pihaknya telah menjalani Program MBKM terutama mulai dari pertukaran mahasiswa dan pelaksanaan KKN tematik. “Kami juga berharap dari penandatanganan ini dapat berkolaborasi untuk pengembangan Program MBKM kedepannya,” ucapnya.
Dia berharap kerja sama ini juga dapat menjadi langkah pengembangan Program MBKM kedua pihak. “Semoga dapat berjalan dengan baik kerja sama yang dilakukan ini dalam peningkatan kualitas pendidikan,” ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama, Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Nasional Palembang, Saladin Wirawan Effendi, SE.,M.Si., mengucapkan terima kasih telah diterima dengan baik di IIB Darmajaya. “Tujuan kami kesini untuk belajar. Bagaimana mengembangkan kurikulum MBKM. Karena pangsa mahasiswa kami ini yang dipelosok,” ungkapnya.
Dia berharap dapat ilmu selain telah melakukan kerja sama dengan IIB Darmajaya. “Kami ingin bisa dapat ilmu dari IIB Darmajaya. Mohon bimbingannya dari rekan-rekan IIB Darmajaya,” ucapnya. (**)

Facebook Comments Box