Beranda Pesisir Barat Dinas Pendidikan Kabupaten Pesibar Ajak Pelajar SD dan SMP Buat Karya Mural

Dinas Pendidikan Kabupaten Pesibar Ajak Pelajar SD dan SMP Buat Karya Mural

396
0

Lintaspost.com, Pesisir Barat – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT-RI) yang ke- 78 Tahun 2023 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Barat mencoba mengapresiasi dunia pendidikan dengan mengajak pelajar tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Pesisir Barat membuat karya Mural atau melukis didinding bentuk permanen.

Dinas pendidikan memberikan ruang untuk para pelajar berekspresi dalam seni lukis sesuai dengan kurikulum merdeka belajar untuk bisa mengembangkan P5 yakni Projek, Penguatan, Profil, Pelajar dan Pancasila.

Kegiatan tersebut terlaksana selama dua hari sejak Senin-Selasa (14-15/2023), dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 185 peserta dari  SMP dan tingkat SD sebanyak 28. Para peserta berasal dari perwakilan sebelas kecamatan yang ada di Pesisir Barat.

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Edwin Kastolani Burtha, melalui Kabid Dikdas Erik Putra, bahwa kegiatan lomba mural yang dilaksanakan Disdikbud itu merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan HUT-RI ke-78  tahun 2023.

Para siswa yang mengikuti  lomba mural itu sangat antusias, terlebih kegiatan itu merupakan yang kali pertama  dilaksanakan.

“Dalam kegiatan ini diikuti sekitar 20 satuan pendidikan yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten setempat, dengan lokasi mural di lingkungan kantor Disdikbud setempat,” katanya.

Dijelaskannya, untuk tim penilai tetap dari Disdikbud setempat, tentunya ada beberapa kriteria yang dinilai baik dari keindahan, tampilan, kerapihan, dan kriteria lainnya.

Tentu kegiatan yang dilaksanakan ini juga merupakan salah satu dari merdeka belajar, dan Disdikbud Pesisir Barat memberikan wadah kepada peserta didik yang memiliki potensi nilai seni, dan sebagainya.

“Kurikulum merdeka merupakan pengembangan proyek profil pelajar Pancasila, dimana peserta didik dapat membentuk karakter dari peserta didik,” jelasnya.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan lomba mural yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Barat ini dapat berkelanjutan, dan bisa rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Ditambahkannya, dalam kegiatan lomba mural itu dengan mengusung tema memeriahkan 17 Agustus 2023 untuk membangkitkan semangat kemerdekaan dengan harapan kedepannya supaya siswa lebih aktif dan berani untuk bisa belajar dengan kemampuan yang ada didalam dirinya masing masing. (Holil)

Facebook Comments Box