Beranda Pesisir Barat Pemkab Pesibar Salurkan Bantuan Sosial Korban Kebakaran

Pemkab Pesibar Salurkan Bantuan Sosial Korban Kebakaran

247
0

Lintaspost.com – Bupati Pesisir Barat dalam yang di wakili oleh Wakil Bupati (Wabup) Pesisir Barat (Pesibar), A. Zulqoini Syarif, S.H., menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial (Bansos), bantuan perbaikan rumah pasca musibah kebakaran, dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis di Balai Pekon Siring Gading, Kecamatan Bangkunat, Sabtu 29 Juli 2023.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Agus Triyadi, S.IP., M.M; Kepala Dinas Pemberdayaan Perembuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), dr. Budi Wiyono, M.H; perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait; Camat Bangkunat; Peratin; dan masyarakat setempat.

Wabup Pesibar mengatakan, bantuan pasca bencana diperuntukan untuk membantu masyarakat yang rumahnya mengalami bencana, seperti bencana kebakaran dan bencana lainnya. Bantuan tersebut bertujuan mengurangi kerugian yang dialami oleh masyarakat.

“Bantuan tersebut tentu belum dapat membantu seluruh kerugian atas musibah bencana yang terjadi. Lebih dari itu, hal tersebut menunjukan Pemkab Pesibar selalu hadir ditengah masyarakat, apalagi masyarakat yang sedang dalam kesusahan,” ungkap wabup.

Menindaklanjuti upaya-upaya dimaksud, menurut Zulqoini, Pemkab Pesibar memberikan bantuan kepada warga korban bencana kebakaran yang terjadi di Pekon Siring Gading. Mulai dari bansos sebesar Rp 15 juta yang diberikan kepada satu orang penerima dan bantuan bidang perumahan Rp 30 juta yang diberikan kepada satu orang penerima.

“Pada dasarnya bansos untuk membantu pemulihan sosial masyarakat terdampak bencana, sedangkan bantuan bidang perumahan untuk perbaikan rumah yang rusak akibat bencana kebakaran,” paparnya.

Ia meminta semua pihak dapat saling membantu dan berkoordinasi dengan baik guna mensukseskan program tersebut.
“Tanpa adanya koordinasi dan kolaborasi yang tepat antar pihak, jelas upaya ini tidak dapat berjalan dengan baik sesuai dengan maksudnya,” pintanya.

Selain menyerahkan bantuan, kunjungan Wakil Bupati ke wilayah terisolir Pesibar itu juga dalam rangka pelaksanaan pelayanan KB gratis, dan pembinaan kader kelompok kegiatan, serta kegiatan pembinaan tim pendamping keluarga, dan koordinasi teknis percepatan penurunan stunting selama dua hari kedepan di empat pekon di Way Haru yakni Pekon Way Haru, Siring Gading, Bandar Dalam, dan Way Tiyas. Holil

Facebook Comments Box