Beranda Pendidikan Relawan Pajak IIB Darmajaya Terima Pelatihan dari DJP Bengkulu-Lampung

Relawan Pajak IIB Darmajaya Terima Pelatihan dari DJP Bengkulu-Lampung

551
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya bersama Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu–Lampung memberikan pelatihan pajak kepada Relawan Pajak di Laboraturium Information Access Centre (IAC), Senin (31/1/22).

Pelatihan diberikan kepada peserta Relawan Pajak yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi yang dilakukan Prodi Akuntansi IIB Darmajaya. Sebanyak 11 mahasiswa mengikuti pelatihan tersebut.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya Dr. Faurani I Santi Singagerda, S.E., M.Sc., mengatakan kegiatan ini sebenarnya sudah lama dilakukan. Pelatihan ini sangat relevan dengan keilmuan dari Prodi Akuntansi.
“Mahasiswa juga langsung mendapatkan ilmu dan terjun langsung dari ahlinya. Bukan dari teori-teori saja. Sejauh ini memang program ini cukup berhasil dan menarik minat mahasiswa untuk berpartisipasi,” ungkapnya.

Menurut dia, dalam pelaporan pajak selama ini dosen dan karyawan mengalami kesulitan untuk pelaporan pajak. “Saya juga mengalami kesulitan tetapi terbantu dengan adik-adik relawan pajak ini untuk membimbing dalam menginput SPT,” tuturnya.

Faurani–biasa dia disapa–juga mengucapkan syukur Alhamdulilah kepada DJP Bengkulu-Lampung yang masih mempercayakan IIB Darmajaya untuk menggelar kegiatan ini. “Saya juga menitipkan anak-anak dalam kegiatan ini dan mohon bimbingannya dari bapak/ibu, karena mereka dalam tahap belajar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Prodi Akuntansi, Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc., mengucapkan terima kasih kepada pihak DJP Bengkulu-Lampung yang akan memberikan materi pelatihan relawan pajak.

“Kepada anak-anak yang sekarang menjadi relawan pajak agar dapat mencari ilmu sebanyak-banyaknya untuk menggalinya lebih dalam lagi. Kalian diterjunkan nantinya akan lebih menguasai terkait permasalahan pajak,” tuturnya.

Toni juga menitipkan mahasiswa untuk diberikan bimbingan dalam relawan pajak oleh DJP Bengkulu-Lampung. “Titip anak-anak kami dan ajarkan tentang pajak dalam mendukung tugas sebagai Relawan Pajak yang akan diembannya,” imbuhnya
Sementara, Kasie Penyuluhan dan Bimbingan Dokumen Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, Juliaty Ardarina mengatakan kedepannya relawan pajak juga dapat menjadi perpanjangan tangan DJP terkait perpajakan. “Semoga ilmu yang diberikan hari ini dapat bermanfaat,” ungkapnya.

Pelatihan hari ini, lanjut dia, juga menunjang tugas DJP Bengkulu Lampung dalam melaporkan SPT masyarakat. “Semoga ilmu yang diberikan hari ini dapat bermanfaat. Tetap jaga kesehatan dan prokesnya,” tutupnya.

Adapun materi yang diberikan yaitu Perpajakan Umum (Pengantar Perpajakan), Isu Perpajakan Terkini, E-Filing, SPT 1770 UMKM, 1770 SS, 1770S, dan SPT 1771 UMKM. Dengan pemateri Meidiantoni, Fuad Wahyudi Anthonie, dan Ishak. (**)

Facebook Comments Box