Beranda Nasional Donor Darah Porinti Semarang Berlangsung Sukses Lampaui Target

Donor Darah Porinti Semarang Berlangsung Sukses Lampaui Target

300
0

Lintaspost.com, Semarang – Aksi donor darah yang digelar Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (Porinti) berjalan dengan sukses dan target yang dipatok 200 kantong darah yang terlampaui mencapai 264 kantong darah yang terkumpul.

Menariknya aksi donor darah ini menyediak hadiah doorprize berupa angpao dari berbagai barang-barang elektronik hingga emas dan setiap peserta mendapatkan paket sembako. Kegiatan ini juga dimeraihkan dengan hiburan Barongsai.

Kegiatan dilaksanakan Youth Porinti dengan menggandeng Tentrem Mall dan Palang Merah Indonesia (PMI Provinsi Jawa Tengah, Kota Salatiga dan kabupaten Grobogan ini diikuti antusias masyarakat.

Kegiatan donor darah yang dibibuka Sekretaris Daerah Kota Semarang Ir.Iswar Aminudin M.T diselenggarakan di Tentrem Mall, Lantai 2, Jalan Gajahmada 123, Semarang, Sabtu, (8/01/2022) berlangsung tertib dengan tetap melaksanakan prokes.

Ketua Pelaksana Dwiyanto Putra Sudrajat dalam laporannya mengatakan, penyelenggaraan donor darah ini digelar dalam rangka menyambut perayaan Imlek 2573 BE. Kegiatan donor darah ini, lanjut, Dwiyanto jadi agenda Porinti setiap tahun.

“Tetapi karena pandmi Covid – 19 pada tahun 2021 lalu tidak kami adakan. Dan pada tahun 2022 ini kami gelar kembali dengan bekerja sama dengan PMI Jawa Tengah,” terangnya.

Lebih lanjut, Dwiyanto, menambahkan, aksi donor darah ini hasilnya nanti bisa untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Karena, setetes darah Anda merupakan bentuk rasa peduli kepada sesama yang membutuhkan dan ini merupakan wujud cinta kasih antar sesama manusia,

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PMI Jawa Tengah, para sponsor, para peserta yang telah berpartisipasi hingga kegiatan ini dapat berlangsung,” pungkas Dwiyanto.

Sementara itu, Ketua Umum Porinti Semarang Setiawan Santoso mengatakan, berterima kasih dan mengapresiasi berbagai pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan ini termasuk masyarakat yang telah bersedia untuk mendonorkan darahnya.

Ditambahkannya, sebagai bentuk apresiasi pihak panitia menyediakan berbagai doorprize berupa angpau berupa barang-barang elektronik hingga emas bagi yang beruntung. Semua peserta donor darah mendapatkan paket sembako.

Tahun ini penyelenggara donor darah semuanya anak-anak muda Tionghoa yang tergabung dalam Youth Porinti Kota Semarang.

“Pada hari ini Anda meluangkan waktu dengan sukarela datang mendonorkan darah yang tentunya sangat berharga dan bermanfaat bagi orang lain. Ini sebuah tindakan manusiawi yang layak diapresiasi,” ujar Setiawan.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Ir.Iswar Aminudin M.T mengapresiasi kegiatan kemanusian berupa aksisi social donor darah yang dilaksanakan Porinti. Kegiatan yang diinisiasi Porinti dengan menggandeng berbagai pihak ini mempunyai makna kebersamaan.

Kegiatan ini sekaligus menunjukkan kalau Semarang merupakan kota yang harmnosi dan penuh toleransi.

“Dengan kebersamaan ini pemerintah berharap bisa bersama-sama masyarakat mewujudkan Kota Semarang yang semakin baik, semakin hebat,” tandas Iswar.

General Manager Tentrem Mall Nadya Lolianto mengatakan, sangat senang ikut mengambil peran bermitra dan berpartisipasi dalam aksi sosial donor darah yang dilaksanakan oleh Porinti Kota Semarang. “Mungkin kali lain Tentrem Mall juga bisa berpartisipasi dengan kegiatan social lain yang bermanfaat bagi masyarakat, ” ujar Nadya.

Kalis, salah satu tim dari PMI Kota Salatiga, mengatakan, sangat senang diajak bermitra dengan Porinti dalam acara aksi social donor darah ini. Menurut Khalis kegiatan semacama ini sangat membantu PMI dalam menambah stok darah .

“Terus terang saat ini stok darah golongan darah B di PMI Kota Salatiga kosong. Yang menggembirakan dalam kesempatan ini kami berhasil mengumpulkan pulahan kantong. Saya berharap kegiatan Porinti ini tahun depan bisa berlangsung lagi,” ujar Khalis di tengah-tengah kesibukan melayani pendonor.

Donor Darah Dapat Rejeki

Salah satu peserta Yola membuka angpao yang dipilihnya usai donor ternyata mendapatkan hadiah emas.

“Saya nggak nyangka kalau dapat emas. Niatnya ke sini, ya, donor, nggak berharap, tetapi ternyata dapat emas, ya, namanya, rejeki,” ujar ibu muda yang tinggak di kawasan Mataram ini berbinar-binar.

Demikian juga Yudha yang nampak senang, karena tanpa disangka juga berhasil mendapatkan hadiah emas. “Ya, niat donor biar badan sehat. Dapat bonus hadiah emas,” imbuh Yudha.

Hal senada juga, yang dialami Denok Yustiani dari Gayamsari, mendapatkan emas. Padahal niatnya mendoorkan darah.

“Jelas, senang banget. Baru pertama kali donor darah, eh, malah dapat emas,” ujar Denok Sumringah.

Selain itu. ada Agung dari Bulu Lor yang pulang menenteng Kompor Gas, Jumini dari Grobogan mendapatkan Dispenser, Heri dari Kendal memboyong Rice Cooker dan banyak lagi lainnya mendapatkan Doorprize. (Heru Saputro)

Facebook Comments Box