Beranda Pendidikan Tiga Dosen IIB Darmajaya ini Terbitkan Buku Bahan Ajar

Tiga Dosen IIB Darmajaya ini Terbitkan Buku Bahan Ajar

40
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG – Dosen Prodi Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menulis dan menerbitkan buku berjudul Manajemen Proyek Sistem Informasi sebagai buku bahan ajar di kalangan mahasiswa Program Strata Satu (S1).
Buku yang diterbitkan DJ Press dengan total 130 halaman ditulis oleh tiga dosen. Yaitu Halimah Yunus, S. Kom., MTI.; Dona Yuliawati, S. Kom., MTI., dan Melda Agarina, S. Kom., MTI.

Halimah Yunus mengatakan penulisan buku mengacu dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sesuai dengan matakuliah. “Itu buku perdana bagi kami bertiga. Sekarang lagi menggarap buku lagi, Insyaallah tahun depan publish,” ucapnya.

Penggarapan buku tersebut, lanjut dia, dimulai akhir tahun 2020. “Kurang lebih delapan bulan dari tahap revisi sampai publish. Untuk awal penggarapan kami berbagi tugas,” ujarnya.

Halimah berharap buku yang ditulis bersama kedua rekan dosen lain tersebut dapat bermanfaat. “Dengan terbitnya buku ini bisa dijadikan referensi untuk teman-teman dosen dalam mengajar juga mahasiswa. Terbitnya buku ini juga menambah motivasi untuk menerbitkan buku-buku berikutnya,” imbuhnya.

Berbeda dengan Dona Yuliawati, bahwa buku Manajemen Proyek Sistem Informasi merupakan buah karya yang ketiga.

“Harapannya semoga bisa bermanfaat untuk mahasiswa IIB Darmajaya.. Untuk sendiri harapannya menjadikan motivasi untuk selalu dapat belajar menulis,” ucapnya singkat.

Sementara, Melda Agarina menuturkan menulis buku ini merupakan yang pertama. “Semoga bisa terus berkaya dan menulis buku. Dan buku yang telah ditulis ini bisa bermanfaat,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan dengan terbitnya buku Manajemen Proyek Sistem Informasi ini diharapkan dapat menelurkan buku bahan ajar lainnya.

“Penulisan karya tulis ataupun buku merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen. Karena dengan menuangkannya dalam tulisan juga membuat khalayak lebih luas lagi dapat memperoleh pengetahuan yang dimiliki dosen,” ungkapnya.

RZ Abdul Aziz menerangkan penerbitan buku ini juga diharapkan dapat diikuti oleh dosen lain untuk menerbitkan buku.

“Karena ini juga untuk memenuhi dalam pengurusan jenjang akademik dan KUM (angka kredit dosen). Institusi juga memberikan kesempatan kepada setiap dosen untuk melahirkan buku dalam bentuk hibah dalam memfasilitasi lahirnya sebuah karya,” kata Abdul Aziz. (**)

Facebook Comments Box