Beranda Pendidikan Kunjungan ke Desa Cintamulya, Dosen IIB Darmajaya MoU Implementasi IoT dengan Kelompok...

Kunjungan ke Desa Cintamulya, Dosen IIB Darmajaya MoU Implementasi IoT dengan Kelompok Tani

49
0

Lintaspost.com, LAMPUNG SELATAN – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan kunjungan ke Desa Cintamulya, Candipuro, Lampung Selatan dalam rangka melihat implementasi IoT smart farming pada kelompok tani dan penandatanganan memorandum of understanding (MoU), Sabtu (30/10/2021).

Kunjungan tersebut juga bagian dari pelaksanaan hibah pendanaan dalam Kerja Sama Dunia Usaha dan Kreasi Reka (Kedai Reka) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek Republik Indonesia. Adapun judul proposalnya yaitu Project Smart Farming Rooftoop Campus dengan kreasi reka Implementasi IoT pada Smart Farming Memanfaatkan Atap Gedung Kampus.

Ketua Tim Hibah, Dodi Yudo Setyawan, S.Si., M.T.I., mengatakan kunjungan itu bertujuan melihat implementasi IoT smart farming pada kelompok tani di sana. Dosen juga melakukan penandatanganan MoU untuk peningkatan pengelolaan dan pengembangan Smart Farming yang ada di Desa Cintamulya. “Kelompok Tani Desa Cintamulya diwakili Bapak Nur Muhammad Habibi,” kata dia.

Desa Cintamulya, lanjut Dodi, merupakan salah satu desa di Provinsi Lampung yang telah menerapkan IoT dalam smart farming. “Tanaman hortikultura di sana penyemaian dan penyiraman sehari-hari dengan penerapan implementasi IoT,” ujarnya.

Dodi–biasa dia disapa–menerangkan penerapan implementasi IoT di Desa Cintamulya juga akan menghasilkan produk pertanian yang baik untuk memenuhi kebutuhan pangan di Lampung Selatan, khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Implementasi IoT Smart Farming ini juga kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dunia usaha dunia industri (DUDI) Habibi Garden dan masyarakat setempat,” tuturnya.

Dosen Prodi Sistem Komputer ini menambahkan kunjungan ini juga pembelajaran mahasiswa secara langsung melihat implementasi IoT dari disiplin ilmu Prodi Sistem Komputer di bidang pertanian. “IoT bukan hal baru untuk diaplikasikan dalam aktivitas pekerjaan dalam mendukung tujuan dan hasil yang maksimal dan terbaik,” tutupnya.

Dalam kunjungan tersebut hadir Ketua Prodi Sistem Komputer Nurfiana, S.Kom., M.Kom., Sekretaris Prodi Sistem Komputer Novi Herawadi Sudibyo, S.Kom., M.T.I.; Retno Dwi Handayani, S.Kom., M.T.I.; dan mahasiswa Heri Setiawan, Hefri Juanto dan Galang Tirtoaji Pratama. (**)

Facebook Comments Box