Beranda Pesisir Barat Rakor Pemantauan Kunjungan Pariwisata Oleh WNA

Rakor Pemantauan Kunjungan Pariwisata Oleh WNA

63
0

Lintaspost.com, Pesisir Barat – Ir. Hasnul Abror M.Pb selaku Asisten Administrasi Umum mewakilkan Bupati Pesisir Barat membuka Rakor Pemantauan kunjungan WNA di Aula Hotel Monalisa Way Redak, Jum’at (1/10).

Beliau menyampaikan Jika kita bicara tentang orang asing maka ada berbagai hal yang akan muncul dalam pikiran kita, adanya dampak positif majunya aspek pariwisata yang kemudian juga akan mendukung gerak perkembangan ekonomi masyarakat. Terdapat peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang tentunya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di kabupaten pesisir barat.

Pariwisata merupakan salah satu icon kabupaten pesisir barat, dengan objek wisata salah satunya Surfing yang pada saat ini ombak di pesisir barat merupakan ombak terpanjang ke-3 di dunia.

“Disisi lainnya dampak negatif dari kunjungan wisatawan luar negeri ini juga harus kita waspadai, karena mau tidak mau kita akan bergaul dan berkomukasi dengan mereka. Selain itu juga kemungkinan adanya misi-misi tertentu dari kunjungan orang asing yang berupa paham-paham radikal.” Jelasnya .

Dengan demikian, rangka menciptakan situasi kondusif bagi pengembangan pariwisata di kabupaten pesisir barat diperlukan stabilitas politik, sosial dan keamanan yang mantap dan dinamis tetapi tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya potensi-potensi yang  mengancam kesatuan bangsa dan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia khususnya di kabupaten pesisir barat.

Pemantauan kunjungan tamu warga negara asing di Pesisir Barat salah satu peran penting sebagai sumber informasi dan data dalam rangka pengambilan keputusan untuk penanganan mengenai keberadaan orang asing yang berkunjung.

Disampaikan juga olehnya tentang pemantauan kunjungan warga negara asing sebagai salah satu wadah untuk memaksimalkan pengawasan terhadap keberadaan warga negara asing. Dengan adanya pemantauan kunjungan warga negera asing di kabupaten pesisir barat tahun diharapkan nantinya kita dapat mengantisipasi dan melakukan tindakan secara cepat, tepat dan efisien terhadap situasi yang berkembang tentang keberadaan warga negara asing terutama di dalam lingkup kabupaten pesisir barat.

Dalam dua tahun terakhir kunjungan  warga negara asing di kabupaten pesisir barat mengalami penurunan dampak dari pandemi covid-19. Sehingga berdampak pada perekonomian terutama di sektor pariwisata.

Mengakhiri sambutan bupati berharap banyak dengan adanya pemantauan kunjungan warga negara asing di kabupaten pesisir barat dapat terlaksana secara baik, karena informasi strategis sangatlah penting sebagai data untuk merencanakan pembangunan di kabupaten pesisir barat.

Kepada seluruh pemantau kunjungan orang asing diharapkan berperan aktif dalam menghimpun informasi-informasi penting yang dibutuhkan untuk menciptakan stabilitas nasional yang kondusif di Pesisir Barat. (Holil)

Facebook Comments Box