Beranda Pendidikan Mahasiswa Kampus The Best ini Rancang Sistem Informasi Monitoring Waktu Sandar Kapal...

Mahasiswa Kampus The Best ini Rancang Sistem Informasi Monitoring Waktu Sandar Kapal di Pelabuhan

50
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG — Ajib Handoko, mahasiswa Prodi Sistem Informasi (SI) IIB Darmajaya membuat Sistem Informasi Monitoring Hitung Mundur Waktu Sandar Kapal di Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang.
Ajib Handoko mampu mempertahankan penelitian skripsi yang diujikan pada Senin (13/9/2021) dihadapan dua penguji Agus Rahadi, S.Kom., M.T.I. dan Ruki Rizal Nul Fikri, S.Kom., M.T.I. Latar belakang Ajib Handoko membuat Sistem Informasi Monitoring untuk kebutuhan Pelabuhan Indonesia II (Persero) Panjang agar mempermudah dalam mengetahui waktu sandar kapal.

Sistem Informasi yang dibuat Ajib Handoko dengan bimbingan Halimah Yunus, S.Kom., M.T.I. merupakan berbasis android. “Pengemudi kapal yang akan bersandar mengetahui waktu sandar melalui aplikasi android. Operator juga dapat memasukkan data kapal dan waktu sandar dalam aplikasi,” ucapnya.
Menurut dia, sistem informasi monitoring yang dibuatnya memiliki manfaat sebagai media penyampaian informasi yang digunakan oleh bagian terkait dengan operasional kapal dalam melakukan pemantauan kapal. Kemudian, sebagai media yang digunakan dalam mengelola data jadwal sandar kapal yang efektif dan efisien.

Sementara, Agus Rahardi selaku penguji, mengatakan sistem informasi monitoring yang dibuat Ajib Handoko sangat bermanfaat bagi Pelindo II. “Harus disempurnakan untuk fiturnya,” ungkapnya.
Hal senada disampaikan Ruki Rizal, penguji lainnya. Dia mengatakan Ajib Handoko mengimplementasikan proses efisiensi dari pemanfaatan teknologi. “Sistem Informasi Monitoring ini juga dapat diketahui setiap pengemudi kapal yang akan bersandar. Aplikasinya akan bermanfaat bagi Pelindo II Indonesia Cabang Panjang,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya, Dr. Handoyo Widi Nugroho, S.Kom., M.T.I., mengatakan mahasiswa Prodi SI mendapatkan pembelajaran sesuai dengan keinginan pasar kerja. “Memiliki kemampuan dalam merancang sistem informasi sebagai output,” ungkapnya.
Prodi SI, lanjut dia, mencetak lulusan yang siap bekerja di berbagai stakeholder. “Prodi Sistem Informasi juga sudah banyak menghasilkan lulusan yang telah bekerja sesuai dengan bidang ilmunya dalam membangun dan mengembangkan sistem. Baik di bidang pemerintahan, perbankan, kesehatan, pendidikan, perusahaan dan lain-lain,” tandasnya. (**)

Facebook Comments Box