Beranda Pendidikan Dosen IIB Darmajaya Hadirkan YouTuber Lampung dalam Pelatihan Pembuatan Video Budikdamber kepada...

Dosen IIB Darmajaya Hadirkan YouTuber Lampung dalam Pelatihan Pembuatan Video Budikdamber kepada Anak-anak di Rumah Asuh As Sakinah

103
0

Lintasposy.com, BANDARLAMPUNG – Dosen IIB Darmajaya melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan pembuatan, editing, publikasi video Pemindahan Bibit Sayuran Ke Media Tanam Panen Kangkung kepada anak-anak di Rumah Asuh As Sakinah, Jalan Terusan Way Semangka, Pahoman, Telukbetung Utara, Selasa, (31/8/2021).

Pelatihan tersebut merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tersebut diketuai Rahmalia Syahputri, S.Kom., M.Eng.Sc., dengan dua anggota Jaka Darmawan, S.E., M.Ak. dan Nurfiana, S.Kom., M.Kom serta ketiga mahasiswa terdiri dari Prodi Prodi Teknik Informatika yakni Andra Ramadhan Pratama dan Sistem Komputer M. Alkhafiansyah, Ade Septian dan Muhammad Miftahul Jinan. Adapun hibah tersebut berjudul Pengembangan Kemandirian Ekonomi Panti Asuhan Melalui Budi Daya Ikan dan Tanaman dalam Ember (Budikdamber) dan Life Skill Berbasis Teknologi Informasi.

Rahmalia Syahputri mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan rangkaian hibah pengabdian kepada masyarakat program kemitraan masyarakat. “Program kemandirian ekonomi budikdamber dan teknologi informasi ini dilakukan dari hulu ke hilir. Pesertanya 24 anak asuh, 5 musyrif, dan diikuti juga penyuluh agama dari Kementerian Agama Kota Bandarlampung,” ungkapnya.

Pematerinya, lanjut dia, merupakan YouTuber Lampung Ikram Rizal atau yang dikenal Ikram Afro juga lulusan Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya. “Kita hadirkan pemateri yang memang expert di bidangnya untuk pembuatan video, editing, dan publikasi dengan menggunakan aplikasi VN. Peserta menyortir ikan, memindahkan bibit sayuran, dan panen kangkung dengan didokumentasikan,” ujarnya.
Dosen Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya ini melanjutkan melakukan pengabdian kepada masyarakat ke Rumah Asuh As Sakinah agar terdapat Ketahanan Pangan Mandiri dengan melakukan Budikdamber. “Selama ini komponen terbesar dalam Rumah As Sakinah maupun panti asuhan lainnya merupakan komponen kebutuhan makan. Dengan Budikdamber dapat mencukupi kebutuhan pangan dan mendapat kelebihan hingga dapat menjualnya,” imbuhnya.

Dengan memberikan keterampilan budikdamber, kata Rahmalia, anak-anak memiliki kemampuan lebih ketika dewasa nanti kembali ke masyarakat dapat berdaya dan mandiri. “Jadi kita terapkan dari hulu ke hilir. Mulai pembibitan, panen, penjualan hingga penerapan manajemen keuangan syariah,” tuturnya.

Sementara, Pendamping Anak-anak Rumah As Sakinah, Ustaz Ahmat Mustofa mengaku sangat terbantu adanya pengabdian kepada masyarakat Dosen IIB Darmajaya. “Anak-anak sangat senang dan kami terbantu untuk memenuhi Kemandirian Pangan Santri,” ungkapnya.

Kegiatan Budikdamber ini, lanjut dia, mendapat respon baik dari berbagai pihak. “Salah satu Baitul Quran dari Palembang bahkan datang belajar, selain itu banyak dari panti asuhan di Bandarlampung mau berkunjung untuk belajar. Kami ingin tidak hanya sampai disini tetapi dapat pendampingan hingga panen,” tutupnya.(**)

Facebook Comments Box