Beranda Pendidikan Ratusan Peserta Ikuti Seminar Nasional IIB Darmajaya

Ratusan Peserta Ikuti Seminar Nasional IIB Darmajaya

78
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Seminar Nasional (Semnas) Hasil Penelitian dan Pengabdian 2021 secara daring Kamis, (19/8/2021).

Adapun tema Semnas “Mewujudkan Kampus Merdeka di Era New Normal dalam Pengembangan Bisnis Digital Generasi Unggul Menuju Indonesia Bangkit” dengan pembicara Ketua Departemen Computer Science Universitas Negeri Semarang, Dr. Alamsyah; Peneliti Madya IIB Darmajaya, Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si.; dan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs. Semnas diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, birokrat, dan umum.

Ketua Pelaksana Semnas Hasil Penelitian dan Pengabdian 2021 IIB Darmajaya, Dr. Handoyo Widi Nugroho, M.T.I., mengatakan bisnis berbasis digital di Era New Normal merupakan masa depan Indonesia. Tidak kalah krusial, data menjadi kebutuhan penting dalam berbisnis.

“Perusahaan membutuhkan data untuk melakukan pengembangan usahanya. Tujuan seminar ini untuk menjadi forum komunikasi bertukar ilmu dan diskusi civitas academica serta stakeholder di Era New Normal. Pengenalan hasil riset sebagai sumber keunggulan di dunia bisnis digital,” bebernya.

Handoyo –biasa dia disapa – menerangkan terdapat 77 paper yang masuk ke panitia dan 48 paper disetujui. Sementara peserta seminar terdapat 127 peserta dengan total berjumlah 175.

“Pemakalah dan peserta terdiri dari mahasiswa S1, S2, dosen S1, S2, kalangan birokrasi, praktisi, dan umum. Manfaat yang di dapat terjadinya sharing dan tranfer knowledge pada Era New Normal ini,” ujarnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., yang diwakili Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan perkembangan teknologi dalam pendidikan di implementasi sesuai industri saat ini.

“Perguruan tinggi dan industri harus memiliki kerja sama dalam menentukan kerangka untuk kedepannya. Saya berharap dari kegiatan ini kita mampu meningkatkan penelitian baik dari riset-riset dasar maupun riset-riset besar yang dapat dimanfaatkan untuk perkembangan di Indonesia,” ungkapnya.

Abdul Aziz menerangkan keunggulan dari perguruan tinggi akan bertumpu dari penelitian dan riset mahasiswa serta dosennya juga pengabdian kepada masyarakat. “Perlu diketahui saat ini IIB Darmajaya dalam klasterisasi berada di peringkat 128 dari 4000an perguruan tinggi di Indonesia. Semoga tahun ini akan lebih baik lagi dalam pemeringkatan klasterisasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi,” tutupnya. (**)

Facebook Comments Box