Beranda Pendidikan Ikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Mahasiswa IIB Darmajaya Lolos di...

Ikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Mahasiswa IIB Darmajaya Lolos di Microsoft dan Bukalapak

76
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG – Sebanyak delapan mahasiswa IIB Darmajaya lolos dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia di perusahaan teknologi terkemuka dan startup nasional.

Kedelapan mahasiswa tersebut Efan Ulfada (Sistem Komputer) di PT. Impactbyte Teknologi Edukasi; Winarto (Teknik Informatika) di PT. Bukalapak.com; Anugrah Prima Ramadhan (Teknik Informatika) di PT Agate International; Putri Mega Lestari (Manajemen) di Microsoft; Suhendro (Sistem Komputer) di PT Presentologics, Dicoding; Seftia Ayu Nurwulan (Manajemen) di SMESCO Indonesia; Cut Himmah Febriyanti.M (Sistem Komputer) di PT Progate Global Indonesia; dan Pramita Rahman (Manajemen) di Microsoft. Mahasiswa yang lolos akan mulai menjalani magang dan studi independen dengan jadwal disesuaikan perusahaan masing-masing.

Salah satu mahasiswa yang lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Suhendro mengaku senang dapat diterima di perusahaan yang diinginkannya untuk menambah wawasan dan ilmunya. “Waktu seleksi saya optimis dapat lolos. Soalnya proses seleksinya itu memang sesuai dengan apa yang dipelajarinya (di kuliah),” ungkapnya.

Menurutnya, untuk persyaratan yang dibutuhkan selama seleksi juga tidak sulit untuk dipenuhi. “Berkas-berkas yang dibutuhin, saya juga punya,” kata Hafiz Quran 30 Juz ini.

Sementara, Direktur MBKM IIB Darmajaya, Aswin, S.E., M.M., mengatakan delapan mahasiswa sebelumnya telah mengikuti tahapan seleksi hingga dapat lolos di perusahaan teknologi dan startup nasional. “Mulai bulan Juni mereka menjalani seleksi yang dilakukan perusahaan dan bersaing dengan pendaftar mahasiswa se Indonesia. Beberapa hari yang lalu diumumkan mereka lolos,” ungkapnya.

Aswin –biasa dia disapa – menerangkan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat ini yang pertama digelar Kemdikbudristek RI. “Program ini juga merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan Mas Menteri Nadiem Anwar Makariem. Mahasiswa yang mengikutinya akan mendapatkan konversi SKS mata kuliah. Mereka juga akan dimentorin langsung oleh tim dari perusahaan tempatnya magang atau studi independen bersertifikat,” tuturnya.

Terpisah, PIC Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M., menambahkan setiap peserta ataupun mahasiswa yang lolos akan menjalani magang dan studi independen minimal satu semester. “Kepada mahasiswa diharapkan dapat menjalani program magang dan studi independen bersertifikat dengan baik. Kesempatan yang didapat ini juga menjadi nilai tambah bagi mahasiswa ketika nantinya lulus kuliah dan memasuki dunia kerja,” tutupnya. (**)

Facebook Comments Box