Beranda Pendidikan Ingin Rasakan Kuliah di Perguruan Tinggi Luar Negeri, Cukup Daftar di PTS...

Ingin Rasakan Kuliah di Perguruan Tinggi Luar Negeri, Cukup Daftar di PTS Terbaik di Sumbagsel ini

27
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk merasakan pengalaman kuliah di luar negeri dengan program internasional.

Program internasional meliputi kuliah satu semester di perguruan tinggi mitra luar negeri dan penelitian ataupun skripsi dengan pembimbing dosen perguruan tinggi mitra luar negeri. Adapun mahasiswa/i juga bebas dalam memilih negara tujuan maupun perguruan tinggi mitra luar negeri yang selama ini telah menjalin kerja sama dengan IIB Darmajaya.

Kepala UPT Kerja Sama dan Hubungan Internasional IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditiya, mengatakan program Student Mobility atau kuliah di luar negeri merupakan program yang ditawarkan kepada mahasiswa untuk merasakan belajar di perguruan tinggi luar negeri. “Program ini juga telah berjalan cukup lama dan banyak diminati oleh mahasiswa. Dalam masa pandemi ini, program ini sementara berjalan secara daring/online,” ungkapnya.

Sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek RI, lanjut Dwiyan, program internasional bertujuan untuk menambah wawasan dan penguasaan bahasa asing dari mahasiswa. “Sebelumnya juga mahasiswa yang mengikuti program internasional tersebut dilakukan seleksi dari IPK, pengetahuan, dan penguasaan bahasa asingnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Dwiyan, Program Internasional lainnya juga membuka kesempatan mahasiswa asing untuk belajar di Kampus Swasta Terbaik se Sumbagsel. “Kita juga memiliki program Student Mobility Inbound, Summer Program dan International Intership yang dikhususkan mahasiswa asing untuk belajar di IIB Darmajaya. Mahasiswa asal Afghanistan, Iran, Thailand, Malaysia, Kenya, Rusia, Palestina, Madagaskar dan lainnya sangat tertarik belajar di IIB Darmajaya ketika kegiatan Summer Program dan International Internship dilaksanakan secara langsung tatap muka sebelum pandemi Covid19. Namun, saat masa pandemi ini, semua kegiatan berjalan dengan daring/online. Dengan demikian, kegiatan Internasional akademik dan nonakademik IIB Darmajaya tetap berjalan,” imbuhnya.

Dwiyan menjelaskan sebelum masa pandemi covid19 ini, program internasional juga menerima mahasiswa asing untuk berkuliah di Darmajaya selama satu semester. “Mahasiswa asal Malaysia, Rusia, Thailand dan Kenya pernah merasakan mengikuti perkuliahan di kampus biru. Dengan hadirnya mahasiswa asing maka terdapat transfer knowledge secara langsung dalam aktivitas sehari-hari di perkuliahan.” tuturnya. Dengan demikian, mahasiswa yang pernah kuliah di IIB Darmajaya diharapkan dapat menggaungkan nama IIB Darmajaya di negara asal mereka.

Dia menambahkan untuk lulusan SMA/K/MA yang ingin merasakan program internasional dapat bergabung di IIB Darmajaya. “Perkuliahan di luar negeri memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa dalam hal komunikasi, budaya, hingga wawasan. Hal yang sama juga terhadap mahasiswa di IIB Darmajaya di Indonesia yang dapat berbaur dengan mahasiswa asing dapat saling bertukar pengetahuan dan kebudayaan,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments Box