Beranda Pendidikan Dua Bulan, Humas IIB Darmajaya Terbitkan 3 Buku Bersama Penulis Se-Indonesia

Dua Bulan, Humas IIB Darmajaya Terbitkan 3 Buku Bersama Penulis Se-Indonesia

141
0

Onlinekoe.com, BANDAR LAMPUNG — Dalam waktu dua bulan, Lukman Hakim, S.P., M.M., dari Bagian Humas Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya terbitkan tiga buku Antologi bersama penulis-penulis se-Indonesia. Tiga buku tersebut adalah “Haiku Nanggala” (Antologi Haiku Duka Keprihatinan Para Haijin pada Tragedi KRI Nanggala 402), Antologi “Pandemi Pasti Berlalu”, dan Antologi Kumpulan Cerpen “Saat Hati Menembus Batas”.

Lukman Hakim menjelaskan ketiga buku itu terbit Mei dan Juni 2021. Buku Haiku Nanggala, kata dia, merupakan buku karya 53 haijin dari seluruh Indonesia. “Senang dan bangga saja menjadi bagian dari penulisan haiku bersama pakar-pakar haiku se-Nusantara,” kata Lukman Hakim.

Penulis dengan nama pena Rafli Habsy juga mengatakan dalam penulisan buku Haiku Nanggala, setiap penulis diwajibkan menulis 15 karya haiku terkait duka Nanggala. “Haiku merupakan sastra Jepang berupa puisi singkat atau pendek yang menggunakan bahasa sensorik untuk menangkap perasaan atau gambar tentang alam dan kehidupan,” kata dia.

Dia juga menjelaskan, dari 53 haijin yang ada dalam buku tersebut, hanya dua orang yang berasal dari Lampung. Haijin lainnya berasal dari berbagai provinsi/kota/kabupaten dari Sabang sampai Maraoke. “Pengantar buku Haiku Nanggala ucapan belasungkawa dari Bapak Joko Widodo, Presiden RI, dan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (mantan Presiden RI) ,” kata dia.

Lukman juga mengatakan, kedua buku Antologi lainnya adalah “Pandemi Pasti Berlalu”. Dalam buku itu, dia menyumbangkan satu tulisan dengan judul “Perkuliahan Hybrid Cerahkan Senyum Kami di Kampus Dj”.

“Buku itu digawangi Sastrawan Lampung penerima Penghargaan Rancage 2008 dan 2017, Zulkarnain Zubairi, yang dikenal dengan nama Udo Z. Karzi. Dalam buku itu banyak juga penulis-penulis terkenal lainnya, seperti R Yulia (Medan), Nasir Tamara & Eko Sugiarto (Yogya), Kurnia Effendi (Jakarta), dan dosen FH Universitas Lampung Nilla Nargis, S.H., M.Hum,” kata alumni Pascasarjana IIB Darmajaya ini.

Sedangkan Antologi Cerpen “Saat Hati Menembus Batas” merupakan kumpulan cerpen karya penulis-penulis dari seluruh Indonesia. “Semua buku ber-ISBN. Dalam waktu dekat saya juga akan meluncurkan Buku Kumpulan Puisi “Cinta Ranting Akasia” dengan penulis saya sendiri,” kata mantan jurnalis di Lampungpro.com ini.

Sementara itu, Rektor IIB Darmajaya Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., mengatakan bangga dengan terbitnya buku-buku yang di dalamnya ada karya Senior Staf Humas IIB Darmajaya. “Semoga ke depan akan lahir buku-buku lainnya yang dapat menjadi bacaan ringan bagi para dosen dan mahasiswa di IIB Darmajaya,” kata dia.

Firmansyah juga mengatakan, Lukman Hakim merupakan salah satu wartawan senior yang sudah memiliki kompetensi wartawan utama. Sehingga, tidak heran jika dia mampu berkolaborasi dengan penulis-penulis hebat lainnya di Indonesia, terutama dalam karya sastra,” kata Rektor. (**)

Facebook Comments Box