Beranda Sumatera Selatan Hasil Musyawarah Penetapan Indeks Desa, Desa Bumi Ayu Raih Predikat Desa Mandiri

Hasil Musyawarah Penetapan Indeks Desa, Desa Bumi Ayu Raih Predikat Desa Mandiri

103
0

Lintaspost.com, Muba – Berdasarkan Hasil Musyawarah Penetapan Indeks Desa tahun 2024 Di Kantor Desa Bumi ayu,Rabu(05/06/2024).Desa Bumi ayu Kecamatan Lawang wetan Kabupaten Musi Banyuasin di tahun 2024 ini mendapatkan predikat sebagai Desa mandiri.

Desa berkembang yaitu Desa yang potensial untuk menjadi Desa maju, yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi namun belum bisa mengelola dengan baik. Desa maju merupakan Desa Pra sembada yang memiliki sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi serta mampu mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Desa mandiri adalah Desa maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup, ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.

Desa Bumi ayu yang sebelumnya berstatus Desa berkembang pada tahun 2019-2022, kemudian pada tahun 2023 naik menjadi status Desa maju, akhirnya pada tahun 2024 ini menjadi kategori Desa mandiri.

Kepala Desa Bumi ayu Amrullah Mahmud SH mengungkapkan bahwa ini adalah suatu pencapaian yang sangat baik dan hasil dari kerja keras Pemerintah Desa bersama dengan masyarakat Desa Bumi ayu.

“Penghargaan ini sebenarnya menjadi bonus sebagai bukti hasil kerja keras aparatur desa bersama masyarakat.disisi lain tujuan utama yang pastinya adalah kesejahteraan masyarakat, ekonomi, kesehatan, dan infrastruktur desa yang harus ditata,” tandasnya.

Ia menambahkan bahwa kedepan target yang harus dicapai adalah kesejahteraan masyarakat desa dan untuk mencapai nya pemerintah desa akan berkolaborasi dengan masyarakat.

“Target kita yang utama adalah membangun kesejahteraan masyarakat desa, kita akan berkolaborasi dengan masyarakat desa untuk mempertahankan predikat desa yang kita dapat,” pungkasnya. ( F )

Facebook Comments Box