Beranda Kota Metro RSUD Ahmad Yani Bersama YJI Kota Metro Gelar Edukasi dan Pemeriksaan EKG

RSUD Ahmad Yani Bersama YJI Kota Metro Gelar Edukasi dan Pemeriksaan EKG

134
0

Lintaspost.com, Kota Metro – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Yani Kota Metro menggelar edukasi dan pemeriksaan EKG kepada ASN, masyarakat di Aula Diklat RSUD Ahmad Yani Kota Metro. Jum’at (31/5/2024)

Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman pada kesempatan itu mengatakan, satu lagi bukti bahwa Pemkot Metro memberikan perhatian besar kepada masyarakat kota Metro terutama tentang jantung.

“Hari ini pemeriksaan EKG kepada warga masyarakat termasuk ASN, saya sendiri sudah dicek jantung saya sehat,” tuturnya.

Qomaru menambahkan, agar setiap kita untuk menjaga kesehatan jantung karena penyakit jantung adalah nomor dua mematikan.

“Saya bersyukur Dinas Kesehatan RSUD Ahmad Yani bekerjasama dengan YJI memberikan pelayanan EKG ini dan itu banyak peserta yang akan diperiksa jantung nya, jaga sehat itu dimulai dari diri anda dan jantung anda,” tukasnya

Dikesempatan yang sama Silfia Naharani Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kota Metro kepada awak media mengatakan, “hari ini YJI di kota Metro Ketuanya kebetulan adalah saya, kemudian Konsep nya adalah Jama -Pai yang artinya bersama-sama berkolaborasi dengan RSU Ahmad Yani dengan programnya Edumy, kemudian Dinkes juga dengan para dokter spesialis kardiovaskuler mengadakan kegiatan dalam rangka hari jadi kota Metro ke-87 sekaligus hari Hypertensi sedunia,” ucap Silfia Naharani.

Beliau menambahkan, giat itu merupakan edukasi terkait hypertensi, darah tinggi karena jika tidak terolah juga menjadi penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung, deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan EKG, tuturnya.

Masih dalam rangkaian acara yang sama di giat hari itu kepengurusan YJI Provinsi Lampung mengatakan, Hypertensi itu merupakan bagian dari penyakit tidak menular.

“Tidak menular itu menjadi target dari kementerian kesehatan dan target dari Dinas kakesehatan Kota Metro dan masuk program Walikota Metro dengan hypertensi kita kendalikan otomatis banyak penyakit yang bisa ditekan, stroke, jantung awal nya dari darah tinggi.

Adapun potensi sakit jantung itu menurut nya adalah obesitas, kurang aktifitas fisik merokok, maka program ini skrining deteksi namanya.

“Kita deteksi kalau kita darah tinggi ya kita obati, teratur rajin kontrol bukan harus minum obat terus tetapi terkontrol dengan masuk ke pelayanan kesehatan, ada puskesmas dan ada rumah sakit,” ujar Sri Aryanti pengurus YJI Provinsi Lampung.

Direktur RSUD Ahmad Yani daerah Kota Metro Fitri Agustina menuturkan, hari ini merupakan edukasi kepada masyarakat dan pemeriksaan EKG untuk masyarakat dan ASN Kota Metro.

Direktur RSUD Ahmad Yani Kota Metro Berpesan “ayo Kita pola hidup sehat, kita jaga jantung kita diantaranya adalah mengurangi cafein (Kopi) hindari merokok dan jangan bagadang”.

Kita mengadakan kegiatan ini menurutnya adalah dalam rangka menyambut hari jadi kota metro yang ke-87 dan juga memperingati hari hypertensi sedunia.

“kita kolaborasi antara YJI, Dinas Kesehatan RSUD Ahmad Yani kemudian dengan persatuan dokter kardiovaskuler,” tukasnya.(feb)

Facebook Comments Box