Beranda Sumatera Selatan Puluhan Al-Quran Siap di Wakafkan IWO Muba untuk Ponpes dan Panti Asuhan...

Puluhan Al-Quran Siap di Wakafkan IWO Muba untuk Ponpes dan Panti Asuhan di Muba

94
0

Lintaspost.com, MUBA – Bekerjasama dengan sejumlah Hamba Allah SWT, Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Muba mewakafkan Puluhan Al-Quran di sejumlah Ponpes dan Panti Asuhan.

Dikutip dari berbagai sumber, Nilai Penting Wakaf Al Quran Wakaf Al Quran memiliki nilai penting yang luar biasa dalam rangka memperkuat pendidikan dan membangun masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan. Beberapa nilai penting tersebut antara lain:

1. Melestarikan Al Quran
Al Quran merupakan sumber hukum dan pedoman hidup bagi umat Islam. Melalui wakaf Al Quran, kitab suci ini dapat dilestarikan dari kemungkinan kerusakan, hilang, atau terlantar.

2. Menyebarkan Ilmu
Wakaf Al Quran berarti menyediakan sarana dan prasarana bagi pendidikan Islam. Dengan demikian, ilmu pengetahuan yang terkandung di dalam Al Quran dapat disampaikan dan dipelajari secara lebih luas dan mendalam.

3. Pembangunan Pendidikan
Wakaf Al Quran memungkinkan pembangunan institusi pendidikan yang berfokus pada pengajaran ilmu agama. Hal ini membantu mencetak generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan cinta akan Al Quran.

4. Amal Jariyah
Pelaksanaan wakaf kitab Al Quran membawa kebaikan yang berkesinambungan. Menjadi amal jariyah bagi pemberi wakaf. Meskipun ia telah tiada, pahala dari setiap orang yang mengaji Al Quran akan terus mengalir kepadanya.

5. Peningkatan Kualitas Sosial
Dengan memahami Al Quran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, masyarakat menjadi lebih bijaksana, toleran, dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi.

Keutamaan Wakaf Al Quran

Ada beberapa dalil Al Quran dan hadits yang menggambarkan keutamaan dan manfaat pelaksanaan wakaf Al Quran. Salah satu dalil Al Quran yang relevan adalah dalam Surah Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

Menurut Ketua IWO Muba Riyansyah Putra SH, wakaf Al-Quran ini sudah menjadi Program Binaan IWO Muba sejak beberapa Tahun terakhir.

“Dikala itu, Program ini adalah bagian dalam mensukseskan dan Mendukung Muba Berbasis Agama. Ini akan kami teruskan dan akan kami lanjutkan,” kata Riyan.

Lebih lanjut ia berharap, dengan adanya Program ini, kami akan membuka Peluang bagi Hamba Allah SWT yang akan ikut mendukung gerakan ini untuk bersama-sama mengedukasi Anak-anak sejak dini agar dapat Khatam Al-Quran.

“Kalau untuk kedepannya nanti, kita akan mencoba Program Donasi Rp. 1.000,- untuk Wakaf Al-Quran Bagi Pondok Pesantren maupun Panti Asuhan yang membutuhkan,” cetusnya. ( F )

Facebook Comments Box