Beranda Sumatera Selatan Dukung Musi Run, Segera Wujudkan Pabrik Sawit Petani

Dukung Musi Run, Segera Wujudkan Pabrik Sawit Petani

234
0

Lintaspost.com, Palembang – Kabupaten Musi Banyuasin tahun depan bisa jadi Kabupaten pertama di Indonesia yang petani sawitnya bakal memiliki pabrik kelapa sawit penghasil CPO sendiri. Dalam waktu dekat, akan segera dimulai pembangunan pabrik tersebut yang akan dilakukan investor.

“Kita akan mendorong investor untuk segera memulai pembangunan pabrik CPO. Harapannya di akhir 2024 sudah mulai bisa produksi,” ujar Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud saat menyambangi Kantor Harian Sumatera Ekspres, Jumat (15/12/2023) sore.

Pabrik kelapa sawit tersebut kata Apriyadi merupakan kerjasama yang dilakukan antara investor dengan petani. Pabrik tersebut nantinya akan dimiliki petani sahamnya sebesar 20 persen.

Tentunya dengan memiliki pabrik sendiri akan memberikan nilai tambah bagi petani, tidak hanya dari panen hasil kebun, tapi juga hasil dari produksi CPO yang diolah di pabrik. “Bisa dibayangkan jika dalam satu tahunnya, misalkan keuntungannya Rp50 Milyar. Nanti saat RUPS petani melalui KUD, akan mendapatkan bagi hasil dividen sebesar Rp10 milyar,” ucapnya.

Bagaimana dengan program-program tahun 2024, Apriyadi menjelaskan pihaknya tetap akan melanjutkan berbagai program yang sudah dilakukan tahun 2023. Mulai dari program Bantu Umak, Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, hingga Penurunan Angka Stunting.

“Itu tetap kita prioritaskan, apalagi itu juga prioritas nasional,” bebernya.

Kemudian dengan ditunjuknya Muba sebagai tuan rumah Porprov Tahun 2025 mendatang, pihaknya akan melakukan persiapan. “Walaupun kegiatannya baru tahun 2025, tapi persiapannya sudah kita mulai sekarang, kita akan coba dalam rangka menyiapkan fasilitas olahraganya kita akan melibatkan pihak ketiga melalui CSR,” ungkapnya.

Apriyadi sendiri datang ke Graha Pena Sumatera Ekapres bersama Kadis Kominfo Muba Herryandi Sinulingga. Ia disambut langsung jajaran manajemen Sumatera Ekspres dipimpin General Manager Hj Nurseri Marwah, Pimred Sumatera Ekspres Martha Hendratmo, Wapimred H Andri Irawan, Manager Iklan Ari Abadi dan jajaran staff lainnya.

“Ini sekedar silaturahmi, apalagi sudah lama gak ketemu Bu Nur dan kawan-kawan di Sumeks,” cetus mantan Kades Pematang Palas itu.

Kebetulan, saat Apriyadi datang, di Kantor Harian Sumatera Ekspres tengah ramai datang sejumlah peserta untuk mengambil Racepack. Ia bahkan bertemu dengan salah satu atlet Muba, Reza dan memberikan semangat bahkan berfoto bersama.

“Saya mengapresiasi kegiatan Musi Run yang diinisiasi oleh Sumatera Ekspres ini. Karena selain perannya sebagai media yang menyampaikan informasi kepada masyarakat, juga kawan-kawan di Sumatera Ekspres ini juga ikut membantu Pemerintah untuk memasyarakatkan olahraga serta mengolahragakan masyarakat,” katanya.

Dia berharap melalui kegiatan Musi Run ini akan muncul bibit-bibit atlit lari yang nantinya bisa diandalkan oleh Sumatera Selatan. “Kita support dan apresiasi atas kegiatan ini,” cetusnya. ( F )

Facebook Comments Box