Beranda Sumatera Selatan Muba Komitmen Wujudkan Pemerintah Daerah Bersih dan Berintegritas

Muba Komitmen Wujudkan Pemerintah Daerah Bersih dan Berintegritas

213
0

Lintaspost.com, MUBA – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Inspektorat Kabupaten Muba menggelar Sosialisasi Anti Korupsi, dengan tema “Melangkah Bersama untuk Mewujudkan Pemerintah Daerah Bersih dan Berintegritas”. Bertempat di Hotel Grand Ranggonang Sekayu, Senin (11/12/2023).

Plt Inspektur Kabupaten Muba , Mirwan Susanto, SE MM melaporkan, latar belakang dan tujuan sosialisasi Anti Korupsi yakni, Pedoman penilaian pencegahan korupsi Pemerintah Daerah melalui Monitoring Center For Prevention (MCP) tahun 2023.

“MCP” merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh KPK-RI dengan tujuan mengukur capaian pemda dalam memperkuat tata kelola pemerintannya, salah satu area intervensi Pengawasan APIP Indikator Pengendalian dan Pengawasan Sub Indikator yaitu Sosialisasi Anti Korupsi. Kegiatan ini terlaksana karena dinilai oleh KPK-RI bahwa banyak pihak yang masih belum memahami tentang kebijakan,”bebernya.

Mirwan juga menyebutkan narasumber sosialisasi Anti Korupsi yakni, Kepolisian Resor Kabupaten Muba dengan Materi Delik Tindak Pidana Korupsi Pada Pemerintahan Derah, Kejaksaan Negeri Kabupaten Muba dengan Materi Materi Mitigasi Risiko Tindak Pidana Korupsi pada Pemerintah Daerah, Inspektorat Daerah Kabupaten Muba dengan Materi Capaian dan Evaluasi MCP serta Benturan Kepentingan pada Pemerintah Daerah.

Acara dibuka langsung oleh Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud diwakili Asisten Administrasi Umum Drs Syafaruddin MSi. Disampaikannya, acara sosialisasu Anti Korupsi digelar menandai komitmen kuat Pemkab Muba untuk bersama-sama melawan segala bentuk korupsi yang dapat merugikan bangsa dan negara.

“Melalui kegiatan ini, kita memiliki kesempatan untuk saling berbagi ide, pengalaman, dan inovasi yang dapat membawa dampak positif bagi kita semua. Saya mengajak seluruh peserta untuk aktif terlibat dalam setiap materi, dan diskusi. Mari kita jalin sinergi, kembangkan kreativitas, untuk mencapai hasil yang lebih baik,”ucap Syafar.

Lanjut Syafar, “saya ingin menekankan pentingnya kepatuhan terhadap aturan dan kepatche regulasi yang berlaku, kita harus aurem menjunjung tinggi nilai integritas dan etika dalam setiap langkah kita. Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa setiap upaya yang kita lakukan akan memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak,”ujarnya.

Acara diikuti oleh perwakilan unsur Legislatif, perwakilan Perangkat Daerah, Kecamatan dan Kepala Desa serta perwakilan unsur masyarakat CSO, Pelaku Usaha, Media massa dan masyarakat umum se Kabupaten Muba. ( F )

Facebook Comments Box