Beranda Sumatera Selatan Pj Bupati Apriyadi Tinjau Jalan Desa Tanjung Raya

Pj Bupati Apriyadi Tinjau Jalan Desa Tanjung Raya

250
0

Lintaspost.com, Sekayu – Warga dua kecamatan di Musi Banyuasin yakni Kecamatan Sanga Desa dan Plakat Tinggi semakin nyaman melintas. Sebab salah satu jalan penghubung antar kecamatan yakni ruas Desa Tanjung Raya sudah ditingkatkan secara mantap.

Ruas jalan sepanjang 615 meter ini saat ini sudah berupa cor beton mulus. Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud Jumat, (18/08/2023) memastikan secara langsung kondisi peningkatan jalan tersebut.

“Alhamdulillah, dengan adanya peningkatan jalan yang kini sudah rampung warga dua kecamatan terhubung dengan baik. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin selama ini fokus untuk mewujudkan keterhubungan antar desa antar kecamatan. Harapan saya warga bisa ikut sama-sama menjaga aset yang sudah dibangun untuk warga,”terang Apriyadi saat melakukan peninjauan Jum’at.

Di tempat sama Kepala Dinas PUPR Muba Elva Elan yang ikut mendampingi kunjungan ini menjelaskan peningkatan ruas jalan dilakukan dalam dua segmen yakni segmen 1 sepanjang 433 meter dan segmen 2 sepanjang 182 m.
“Jadi ruas jalan penghubung dua kecamatan ini Sanga Desa-Plakat Tinggi sudah selesai seratus persen. Pekerjaan ini dilaksanakan oleh PT Bobby Chandra Saputra, dengan spesifikasi jalan lebar 5 meter tinggi 20 centi meter. Mutu jalan adalah FC 20,75 Mpa atau setara kekuatan 250.” jelas Alva.

Seorang warga Plakat Tinggi, Dayung mengaku senang atas peningkatan jalan ini. Menurutnya warga akan lebih mudah melintas terutama untuk membawa hasil produksi atau keperluan pekerjaan lainnya. “Iyo biso tembus ke Plakat Tinggi melewati areal perusahaan PT Wahana lalu masuk ke Plakat. Selama ini si Tanjung Raya ada kendala berupa jembatan besi atau dari gladak papan. Sebelumnya jalan juga masih tanah, kalau musim hujan becek susah dilalui. Alhamdulillah, terima kasih Pak Apriyadi,” tuturnya.

Untuk diketahui, sejak Apriyadi menjabat sebagai PJ Bupati Muba dirinya sudah melakukan sejumlah peningkatan jalan di kecamatan yang memudahkan akses antar kecamatan antara desa dengan menggunakan cor beton. Sebelumnya Apriyadi telah meninjau ruas jalan yang juga sudah rampung diperbaiki yakni di Kecamatan Lalan dan Babat Toman.

Tentang cor beton yang dipakai untuk peningkatan jalan ini secara umum memiliki karakteristik yakni mutu beton k dan fc MPa. Kedua istilah tersebut dipakai untuk menyebutkan kekuatan beton yang akan digunakan dalam konstruksi.

“Jadi, keduanya sangat sering digunakan pada pengerjaan sipil termasuk jalan. Mengenai perbedaan mutu beton ini FC 20,75 Mpa itu setara K 250,” tandas Alva. ( F )

Facebook Comments Box