Beranda Bengkulu Berat Meneruskan Pendidikan Selanjutnya, Berikut Keluhan Warga

Berat Meneruskan Pendidikan Selanjutnya, Berikut Keluhan Warga

798
0

Lintaspost.com, Kaur – Anak Usia sekolah yang sudah menamatkan pendidikan sekolah menengah pertama diwilayah desa bukit indah dan sekitarnya, kecamatan nasal selama ini sangat terbebani kalau untuk meneruskan pendidikan ke sekolah menengah atas, pasalnya selain di desa pasar baru kecamatan basal dan di desa sukamenanti di kecamatan maje ini di wilayah desa kami di nasal atas masih belum memiliki sekolah SLTA. Kamis (15/06/2023)

Dan di wilayah desa bukit indah dan sekitarnya belum memiliki sekolah SLTA untuk meneruskan sekolah mereka atau harus ke desa pasar baru kecamatan Nasal dan desa sukamenanti kecamatan maje atau ke kota bintuhan yang jarak tempuh dari desa kami menuju sekolah SMA yang ada tersebut sangat lumayan jauh.

Akibat jarak tempuh yang sangat jauh maka anak-anak lulusan sekolah menengah pertama ini tidak lagi melanjutkan ke sekolah selanjutnya karna dan biaya yang cukup besar, akibat jarak tempuh dari desa mereka sangat jauh.

Banyaknya anak-anak yang tidak meneruskan setelah tamat SMP ini kejenjang berikutnya sangat di sayangkan, ungkap kepala desa muhlisin.

Diantarnya, merincikan untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke desa pasar baru kecamatan Nasal dan di SMA desa sukamenanti kecamatan maje orang tua murid harus mengeluarkan biaya yang sangat besar setiap tahunya, biaya untuk rumah kosan anak pertahunya menghabiskan biaya cukup tinggi dalam masa 3 tahun belajar di sekolah tersebut, sementara orang tua murid di desa bukit indah dan sekitarnya mayoritas petani.

Harapan kami di desa bukit indah dan sekitarnya kepada dinas pendidikan Provinsi Bengkulu untuk dapat mendirikan sekolah menengah atas di desa tersebut, jika nanti di desa tersebut sudah ada sekolah menengah atas tentu biaya yang di keluarkan orang tua murid biaya nya terjangkau. Karena bila sekolah menengah atas sudah ada di desa tersebut biayanya jauh berkurang, seperti biaya sewa rumah dan biaya belanja lainya karna mereka bersama orang tuanya.

Kecamatan nasal berjumlah 17 desa, untuk desa diatas berjumlah 8 desa sementara desa di nasal bagian bawah yaitu 9 desa.

Untuk di desa nasal atas penduduknya mayoritas berasal dari jawa yang berpenduduk nya di nasal atas setiap desa cukup lumayan banyak dan jumlah SMP di nasal atas dengan jumlah 5 SMP, jelasnya.

Masyarakat kecamatan nasal di atas sudah mempersiapkan lahan seluas 2 hektar lokasi lahan bangunan tersebut berada di desa bukit indah kecamatan nasal kabupaten kaur.

Bukti pendukung surat tanah dan surat hibah untuk lokasi pembangunan gedung SMA juga sudah ada.

Kemudian untuk kiranya aspirasi warga ini diteruskan ke pemerintah Provinsi Bengkulu dan juga dinas pendidikan Provinsi Bengkulu, warga minta kepada Gubernur Bengkulu dan kepala Dinas pendidikan Provinsi Bengkulu untuk dapat mengabulkan permintaan warga, ungkap Muhlisin.

Facebook Comments Box