Beranda Nasional Ketua DP M Nuh: Tak Mau Mengeksplor Wilayah Cyber Space Maka Tidak...

Ketua DP M Nuh: Tak Mau Mengeksplor Wilayah Cyber Space Maka Tidak akan Terbang

511
0

Lintaspost.com, Kendari – Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengatakan pertumbuhan media online sangat pesat yang memanfaatkan dunia maya bukan hanya fisik yang memang sudah ada sejak lama. Karena itu, barang siapa yang tak mau mengeksplor wilayah cyber space maka tidak akan terbang atau bahkan bisa ditinggal.

“Setelah teknologi berkembang, sudah mulai mengesplore wilayah yang selama ini belum yaitu wilayah cyber, wilayah imajiner,” kata Mohammad Nuh dalam sambutannya saat membuka Konvensi Nasional HPN 2022 dengan memukul gong.

Menurut M Nuh, barang siapa yang tak mau mengeksplor wilayah cyber space maka tidak akan terbang atau bahkan bisa ditinggal. Media massa, kata Muhammad Nuh sangat disarankan untuk bermigrasi dari fisik ke online atau bahkan bisa menjadi keduanya.
“Gimana caranya kita bermigrasi dari physical space yang memang sudah lama, memasuki wilayah cyber. Paling tidak, kita memasuki hybrid, kombinasi antara physical space dan cyber,” katanya

Jika cara ini dilakukan kata Mohammad Nuh, maka bukan hanya yang kuat bertahan atau yang pintar. Tetapi siapa yang melaku perubahan maka akan bertahan. “Kami sangat yakin, insan pers bisa menjadi mesin melakukan perubahan tersebut,” kata Mohammad Nuh.

Mohammad Nuh juga mengatakan insan pers memiliki jasa dan peran yang sangat luar biasa dalam suatu pemerintahan. “Tanpa pers rasanya tak akan jadi apa-apa.

Karena nggak mungkin suatu pemerintahan itu menyampaikan satu per satu. Dengan peran media massa, satu titik bisa mencapai tak bisa dihitung,” kata Muhammad Nuh.
Ketua PWI Pusat Atal S Depari dalam sambutannya sebagai penanggung kegiatan HPN 2022, mengatakan bahwa penekanan pada tiga tujuan penyelenggaraan HPN 2022, yaitu berkontribusi kepada pembangunan di daerah, menyuarakan kepentingan nasioanl dan membahas isu-isu strategis terkait kehidupan pers nasional. “Tiga itulah konsep utama dalam acara HPN,” kata Atal S Depari.

Ketua Panitia HPN 2022, Auri Jaya, meabahkan bahwa Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 jatuh pada tanggal 9 Februari 2022. Ada sejumlah rangakaian acara yang sudah dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan HPN.

Total ada 40 acara yang sudah disiapkan oleh PWI, selaku penanggung jawab HPN. Kegiatan sebelum puncak HPN 2022 diantaranya klinik penulisan kebudayaan, Diskusi Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Workshop Pendidikan Jurnalistik, dan Konvensi media massa.

Puncak pelaksanaan HPN akan diselenggarakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Karena masih dalam suasana pandemi, maka prokes kesehatan menjadi wajib untuk diterapkan.

“Seluruh kegiatan seminar maupun acara puncak HPN, akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti wajib makai masker, swab pcr/swab antigen, jaga jarak,” kata Auri Jaya.
Kegiatan yang masuk dalam isu strategis nasioanl yang dijadikan konsep utama tersebut adalah salah satunya Pelepasliaran Anoa dan Gerakan penanaman mangrove, yang ini jadi bagian komitmen utama HPN 2022. (Jun)

Facebook Comments Box