Beranda Pringsewu Bangkit Dari Pandemi Covid -19, Dekranasda Pringsewu Gelar Pelatihan Kraft Tangan Dari...

Bangkit Dari Pandemi Covid -19, Dekranasda Pringsewu Gelar Pelatihan Kraft Tangan Dari Kain Perca

59
0

Lintaspost.com, Pringsewu – Pandemi covid-19 sudah tidak menjadi penghalang dan alasan untuk tidak berbuat, kaum perempuan di Kabupaten Pringsewu, mulai bangkit membekali dirinya, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan daya kreativitas kaum perempuan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat menggelar pelatihan kraft tangan kain perca bagi kelompok kaum perempuan.

Kegiatan selama tiga hari ini dibuka oleh Ketua Dekranasda Pringsewu Nurrohmah Sujadi di Hotel Regency Gadingrejo, Pringsewu, Rabu (10/11) lalu,

Walau pandemi covid sudah berlalu, namun panitia dan peserta pelatihan tetap waspada menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanggulangan covid -19, kegiatan yang diikuti 30 peserta ini merupakan utusan dari sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu, menghadirkan narasumber dari para pelaku IKM kain perca, diantaranya dari IKM Sumringah.

Ketua Dekranasda Pringsewu Nurrohmah Sujadi berharap melalui kegiatan bertajuk ‘Handycraft Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis’ ini, para pelaku IKM khususnya kaum perempuan Pringsewu semakin kreatif dan berkembang dalam menciptakan usaha yang mandiri yang pada gilirannya adalah untuk membantu meningkatkan ekonomi keluarga pasca pandemi covid-19.

Lebih lanjut dikatakan Nurrohmah Sujadi didampingi Kabid Perindustrian Dinas Koperindag Pringsewu Sulistyoningsih,
pemanfaatan kain perca yang notabene adalah kain limbah, selain dapat mengisi waktu luang ibu-ibu dan remaja putri, juga dapat memberikan tambahan pemasukan. “Meskipun kain limbah atau sisa garmen, jikalau sudah diolah oleh tangan-tangan terampil, niscaya kain perca ini akan menjadi barang-barang yang indah dan menarik serta bermanfaat yang bernilai ekonomis”, katanya.

Nampak semangat dan antusias serta menggunakan masker para peserta mengikuti pelatihan, diantara mereka mengungkapkan, baru pertam kali di masa pandemi covid -19 ini kami termotivasi untuk bangkit membekali diri mendapat ketrampilan membuat kerajinan dari kain perca, ujar Sisum salah satu peserta pelatihan (Andoyo)

Facebook Comments Box