Beranda Nasional Selama Pandemi Covid-19, Kriminalitas 3C di Jakarta Meningkat

Selama Pandemi Covid-19, Kriminalitas 3C di Jakarta Meningkat

417
0

Lintaspost.com, Jakarta – Selama pandemi covid 19, tren kriminalitas di wilayah Jakarta meningkat. Peningkatan kasus yang menonjol itu adalah 3C (curas, curanmor, dan curat).

“Di masa pandemi dari awal sampai dengan sekarang memang ada peningkatan (kriminalitas),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Lebih lanjut Yusri mengatakan, jumlah kriminalitas yang mengalami peningkatan adalah tindakan pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor dan pencurian dengan pemberatan.

“Memang di masa-masa pandemi ini ada beberapa kejadian-kejadian yang sempat mengalami peningkatan di masa pandemi. Ya curas (pencurian dengan kekerasan), curanmor (pencurian kendaraan bermotor), dan curat (pencurian dengan pemberatan),” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus lagi.

Angka Curanmor Tertinggi.

Dari 3 kasus tersebut, kata Yusi, angka kasus curanmor menduduki urutan tertinggi. Polisi menerima laporan pencurian kendaraan bermotor setiap hari.

“Jadi kalau curanmor, kejadian cukup tinggi. Tetapi setiap pengungkapan pasti melibatkan beberapa puluhan laporan polisi. 1 tertangkap biasanya sampai terungkap 100 bahkan lebih curanmor yang sudah dilakukan,” ujar Yusri.

Oleh karena itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran telah membentuk satuan tim untuk memetakan sejumlah wilayah yang rawan terjadinya tindakan kejahatan. Selain itu, aparat kepolisian akan melakukan patroli di sejumlah tempat yang dinilai rawan terjadi begal.

“Kapolda sudah memerintahkan untuk membentuk tim-tim termasuk dibackup langsung dikendalikan oleh Reskrimum Polda Metro Jaya untuk memetakan mana-mana wilayah yang menjadi rawan kejahatan. Kemudian jam-jam rawan yang kita lakukan preventif di situ. Kita lakukan patroli di tempat-tempat tersebut contoh saja begal,” papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Lanjut Yusri menambahkan, pihaknya berharap kedua langkah tersebut dapat memberikan rasa tenang di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Yang diharapkan bagaimana kepolisian dalam hal ini untuk membuat tenang,” tutup Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Alex)

Facebook Comments Box