Beranda Lampung Tumbuhkan Ekonomi Kerakyatan di Desa, Pemprov Lampung Dorong Mesuji Kembangkan Budidaya Ikan...

Tumbuhkan Ekonomi Kerakyatan di Desa, Pemprov Lampung Dorong Mesuji Kembangkan Budidaya Ikan Jelabat dan Belida

46
0

Lintaspost.com, MESUJI — Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), mendorong Kabupaten Mesuji mengembangkan perikanan budidaya seperti ikan jelabat dan belida karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Hal itu disampaikan Wagub Nunik saat Musrenbang RKPD Kabupaten Mesuji Tahun 2022 di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten Mesuji, Rabu (17/3/2021).

“Mesuji harus fokus terhadap budidaya Ikan jelabat dan belida termasuk olahannya juga karena itu memiliki nilai tinggi,” ujar Wagub Nunik.

Nunik menyebutkan Mesuji harus mampu menumbuhkan ekonomi kerakyatan di desa melalui ekonomi kreatifnya dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki seperti pariwisata lokal.

“Seperti membuat pariwisata desa. Ini harus didukung dan diarahkan oleh Pemerintah Kabupaten melalui OPD terkait,” katanya.

Nunik juga mendorong Mesuji menghadirkan tempat pelatihan/pendidikan non formal bagi angkatan kerja sekaligus sertifikasi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

“Anak mudanya nanti bisa belajar seperti budidaya ikan, belajar pengolahannya, bertani dengan lebih baik lagi, belajar pengolahan hasil tani dan lainnya. Itu akan mendongkrak dengan cepat dan LSP sebagai yang mengeluarkan sertifikat sehingga diterima oleh pihak industri nantinya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nunik juga meminta pada setiap OPD agar ASN untuk dilatih memberikan pelayanan yang terbaik atau semacan tim kehumasan.

“Seperti pelatihan public speaking dan di setiap OPD harus ada karena kita bertugas melayani rakyat, untuk itu berikan yang terbaik,” pungkasnya. (Adpim)

Facebook Comments Box