Beranda Sumatera Selatan Peringati Hari Baden Powell ke-167, Sekaligus Pembukaan DIANPINSAT Penegak Tingkat Kwarcab Gerakan...

Peringati Hari Baden Powell ke-167, Sekaligus Pembukaan DIANPINSAT Penegak Tingkat Kwarcab Gerakan Pramuka Muba

114
0

Lintaspost.com, LALAN – Upacara Peringatan Hari Baden Powell ke-167 sekaligus Pembukaan Kegiatan Geladian Pimpinan Satuan
(DIANPINSAT) Penegak Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin Tahun 2024, dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola P.6 Desa Sukajadi Kecamatan Lalan, Rabu (29/5/2024).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi selaku Majelis Pembimbing Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muba.

Dalam amanatnya, H Sandi Fahlepi menyebutkan Baden Powell atau Robert Stephenson Smyth Baden Powell dalam sejarah berdirinya gerakan kepanduan dunia adalah seorang angkatan darat di Inggris, yang lewat pemikirannya membentuk gerakan pendidikan bagi anak-anak dan remaja diluar lingkungan keluarga dan sekolah.

Gerakan pendidikan ini pertama kali digagas di Inggris pada tahun 1907, kemudian berkembang pesat diberbagai negara termasuk Indonesia.

“Membangun dunia yang lebih baik merupakan warisan yang sangat berharga yang telah diwariskan oleh Baden Powell melalui pendidikan kepanduan, oleh sebab itu kelahiran beliau tanggal 22 Februari ditetapkan sebagai hari Baden Powell,” ujarnya.

Dikatakannya, peringatan Baden Powell ini seyogyanya dilaksanakan pada bulan Februari lalu namun baru bisa terlaksana bersamaan dengan pembukaan DIANPINSAT, yang secara langsung sebagai penerapan pesan-pesan yang disampaikan oleh Baden Powell.

“Melihat pelaksanaan kegiatan yang berkesinambungan seperti ini saya rasa walaupun tertunda selama dua bulan, tentunya tidak akan mengurangi makna dari peringatan Baden Powell itu sendiri. Dan saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang yang baru saja dilantik sebagai Pj Bupati Muba berharap kerjasama dalam mengembangkan gerakan pramuka supaya lebih maju lagi,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muba Junaidi SH MH menuturkan tujuan diadakannya kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal lebih dekat Baden Powell, serta membangun bersama kreatifitas dan membekali kepemimpinan bagi pramuka penegak.

“Upacara Upacara Peringatan Hari Baden Powell ke-167 dilaksanakan 29 Mei, sedangkan untuk Geladian Pimpinan Satuan selama dua hari pada tanggal 29-31 Mei 2024, di Desa Suka Jadi Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Lalan,” pungkas Junaidi.

Kegiatan turut dihadiri Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Muba Musni Wijaya SSos MSi, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Muba, Camat Lalan Jaminan, SPd MSi, serta para pengurus Kwarcab dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kabupaten Muba. ( F )

Facebook Comments Box