Beranda Provinsi Sekdaprov Fahrizal Ajak Insan Media Sukseskan Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan...

Sekdaprov Fahrizal Ajak Insan Media Sukseskan Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan Sejuk

164
0

Lintaspost.com, BANDARLAMPUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengajak seluruh insan media menyukseskan Pemilu 2024 dengan mendukung terwujudnya Pemilu Tahun 2024 yang aman, damai dan sejuk di Provinsi Lampung.

Hal itu disampaikan Sekdaprov saat mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Perayaan HUT ke- 6 Rilis.id Lampung di Ballroom Hotel Emersia Bandar Lampung, Jumat (2/2/2024) malam.

Ia mengatakan di sini media harus menyampaikan berita-berita yang mencerahkan untuk menjaga ruang publik agar tetap sehat melalui informasi yang benar dan tepercaya.

“Berita yang faktual dan berimbang kepada masyarakat, harus dijaga oleh para awak media. Mari Rilis.id terus bekerja, sukses Pemilu 2024 tujuan kita,” ujar Fahrizal dalam HUT bertema Wujudkan Pemilu Damai 2024″ itu.

Fahrizal menyebut ada empat peran media dalam Pemilu, meliputi pertama, media harus bisa mengedukasi publik.

Menurutnya, media untuk bisa memberikan edukasi kepada pemilih mengenai jalannya pemilu yang benar.

“Dan berkewajiban memberikan informasi yang diperlukan untuk mengevaluasi perilaku pejabat serta proses pemilu secara luas,” katanya.

Kedua, lanjut Fahrizal, media harus menjadi sarana kampanye yang adil.

“Media harus memberitakan secara seimbang dan adil, karena peran kunci dari media dalam kampanye adalah pelaporan yang berimbang, memastikan bahwa setiap kandidat menerima liputan yang adil,” ujarnya.

Kemudian yang ketiga, media bisa berperan menyediakan forum terbuka untuk debat dan diskusi para kontestan.

“Sehingga pemilih dapat mengetahui kapasitas dari setiap kandidat atau partai yang hendak dipilihnya,” katanya.

Dan terakhir, media berperan sebagai pengawas dengan menjaga transparansi proses demokrasi.

“Dengan demikian, peran media bisa mendorong terpilihnya pemimpin yang berkualitas dan mumpuni untuk memimpin pemerintahan selama lima tahun ke depan,” ujarnya.

Fahrizal menyampaikan selamat HUT ke- 6 Rilis.id Lampung dan tetap terus menjadi referensi bagi masyarakat di Provinsi Lampung.

“Meskipun Rilis.id berumur 6 tahun dan masih cukup muda, tetapi telah membuktikan bisa tumbuh dan menjadi referensi bagi masyarakat di Provinsi Lampung, sehingga menjadi bagian dari upaya kita untuk menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang mencerdaskan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal yang juga hadir dalam acara ini menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu.

Sementara itu, Direktur Utama Rilis.id Lampung Wirahadikusumah mengatakan Rilis.id hadir untuk memberikan warna sebagai media di Provinsi Lampung yang terus menjaga independensi dan integritas.

“Kami terus berusaha untuk menjaga intergritas dan independensi kami sebagai media yang ada di Provinsi Lampung ini,” ujar Wira.

Wira menjelaskan dalam perjalannya, Rilis.id terus melakukan proses adaptasi dalam mengadapai tuntutan zaman.

“Kami terus mengupdate diri, terus belajar dan beradaptasi dengan teknologi,” katanya.

Dalam menghadapi pesta demokrasi, Ia menyebut Rilis.id ikut bersama seluruh stakeholder dalam menjaga iklim sejuk dan kondusif di Provinsi Lampung saat Pemilu 2024.

“Kita akan menghadapi hajat besar bangsa, Rilis.id ingin ikut dan mengundang seluruh stakeholder yang berkepentingan dalam pemilu untuk sama-sama mengajak, menjaga iklim sejuk dan kondusif di Provinsi Lampung,” katanya.

Dalam acara ini disampaikan pula Orasi Pemilu Damai oleh Wakapolda Lampung Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Kasipers Korem 043/Gatam Kolonel Kav Rudi Kurniawan, Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami dan Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P. Panggar.

Kemudian, dilakukan penandatanganan Deklarasi Wujudkan Pemilu Damai 2024.

Pada HUT ke- 6 Rilis.id Lampung ini, diberikan Lifetime Achievement kepada Eva Saropah, istri dari Alm. Hendarmin yang merupakan salah satu tokoh pendiri Rilis.id.

Hadir pada acara ini juga diantaranya para Bupati/Walikota, Anggota DPR RI Taufik Basari, Anggota DPD RI Ahmad Bastian SY, Wakil Ketua DPRD Lampung Yozi Rizal, Ketua Partai Politik dan Organisasi Pers.(Adpim)

Facebook Comments Box