Beranda Sumatera Selatan Apriyadi Pastikan Pelantikan Kembali Musni Wijaya Sebagai PJ Sekda Sesuai Aturan

Apriyadi Pastikan Pelantikan Kembali Musni Wijaya Sebagai PJ Sekda Sesuai Aturan

286
0

Lintaspost.com, MUBA – Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi Mahmud memastikan pelantikan kembali Musni Wijaya sebagai PJ Sekda sudah sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Hal ini diungkapkannya menjawab tudingan sejumlah kalangan yang menganggap pelantikan tersebut janggal dan in prosedural.

Sebelumnya, Pj Bupati Musi Banyuasin, H Apriyadi Mahmud telah melantik kembali Musni Wijaya menjadi Pj Sekda Muba. Hal ini dilakukan setelah SK perpanjangannya berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 lalu. Pelantikan Pj Sekda Musni Wijaya oleh Pj Bupati Muba dilaksanakan pada Rabu (3/01/24).

“Insya Allah semua prosedur sudah di penuhi. Kalaupun ada kritikan itu merupakan hal yang biasa dalam kehidupan berdemokrasi,” kata Apriyadi melalui akun WhatsAppnya, Minggu (7/1/2023).

Namun, lanjut dia, mengacu pada SK pelantikan Musni Wijaya sebagai PJ Sekda, pihaknya benar benar sudah memenuhi prosedur yang berlaku.

“Kalau mereka bisa baca di SK tersebut semua persyaratan sudah kita penuhi, terimakasih atas masukan dan kritikannya,” ujar PJ Bupati Muba.

Sebelumnya dikutip dari laman JAYANTARANEWS.COM. tayang (4/1/2024) berjudul Pelantikan Kembali Pj Sekda Muba Musni Wijaya Dinilai Kangkangi Aturan

Pj Sekda Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ‘Musni Wijaya’ kembali dilantik menjadi Pj Sekda Muba, setelah SK perpanjangannya berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 lalu.

Pelantikan Pj Sekda Musni Wijaya oleh Pj Bupati Drs. Apriyadi tanpa diketahui awak media, Rabu (3/01/24).

Seperti diketahui, berdasarkan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Perpres nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, Permendagri nomor 91 Tahun 2019 tentang Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah, bahwa masa jabatan 9 bulan itu harus diberhentikan dahulu dan diganti oleh Plh. “Kemudian gubernur mengajukan nama-nama ke Kemendagri. Dan SK Pj Sekda itu yang kemarin diduga sudah mengangkangi aturan.” Hal demikian diungkapkan inisial ‘S’, selaku tokoh masyarakat Muba dari birokrat.

“Kalau diperpanjang lagi Pj, dalam hal ini Gubernur sudah menabrak aturan. Nanti ku kirim surat ke Pak Mahfud MD untuk menegakkan aturan,” ucapnya.

Dasar aturan penunjukkan Penjabat Sekretaris Daerah :

– 1. Permendagri nomor 91 Tahun 2019 tentang penunjukkan Penjabat Sekretaris Daerah. Sesuai bunyi Pasal 5 ayat (3); masa jabatan penjabat sekretaris daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (2), paling lama 6 (enam) bulan, dalam hal sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas, dan paling lama 3 (tiga) bulan dalam hal terjadi kekosongan sekretaris daerah.

– 2. Perpres nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah.

Mengenai masa jabatan sekda, diatur dalam Pasal 5 ayat (3), sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), paling lama 6 (enam) bulan.

“Perpanjangan penjabat sekda dapat dilakukan sesuai bunyi Pasal 5 ayat (4), yaitu : dapat diperpanjang selama 3 (tiga) bulan berikutnya, apabila terjadi kekosongan sekretaris daerah,” jelasnya.

Karena tidak ada penjelas lain tentang masa jabatan penjabat sekda, maka masa jabatannya maksimal 9 (sembilan) bulan.

Setelah maksimal 9 (sembilan) bulan, tidak ada lagi perpanjangan masa jabatan penjabat sekda.

Bila masih ada kekosongan jabatan sekda, maka setelah 9 (sembilan) bulan, penjabat sekda diberhentikan dan ditunjuk pelaksana harian (Plh) selama ± 1 minggu.

Selama dalam waktu 1 minggu, Gubernur mengajukan nama-nama, baik nama penjabat sekda lama maupun nama penjabat sekda baru ke Kemendagri.

“Penjabat Sekda Muba sebenarnya tidak ada kepastian hukum alias sudah melanggar aturan,” tandasnya.

Kronologi :

Dilantiknya Penjabat (Pj) Sekda Muba, yaitu pada tanggal 30 Mei 2022 yang telah lalu.

Alhasil, bila maksimal 6 bulan, maka berakhir pada tanggal 30 November 2022. Dan bila diperpanjang, maka berakhir pada tanggal 30 Januari 2023.

Dan tidak boleh lagi diperpanjang, dan harus diberhentikan, kemudian ditunjuk Plh selama ± 1 minggu kerja.

Jadi, kata dia, jabatan Pj S

Facebook Comments Box