Beranda Kota Metro Pemkot Metro Launching Telemedicine

Pemkot Metro Launching Telemedicine

281
0

Lintaspost.com, Kota Metro – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan launching Telemedicinedi Ballroom Hotel Grand sekuntum. Selasa (12/9/2023)

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin pada kesempatan itu mengatakan, hari itu melakukan kerjasamatelemidicine puskesmas/paskes primer dengan paskes lanjut bahwa semenjak pasca pandemi pasien harus mudah mengakses, masyarakat metro setiap berobat boleh menilai paskes primer, ucapnya.

“Disitu masyarakat bisa menilai, kuesioner ada 15 pertanyaan pasien kuesioner, pasien complain boleh”.

Pada nantinya akan terintegrasi di Dinas Kesehatan, nanti akan dinilai, tidak hanya di puskes atau dipaskes primer harus menggunakan. Itu merupakan pelayanan ke masyarakat terkait telemidicine, ungkapnya.

Dengan adanya telemidicine artinya membuka akses mudah kepada masyarakat menyampaikan keluhan, Wahdi mencontohkan misalnya ibu hamil, bayi nya kok banyak gerak, kok sesak, misal ibu hamil telah keluar air, justru itu petugas home care turun kebawah, tukasnya.

Senada Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Eko Hendro Saputra mengungkapkan, bahwa telemedicine adalah mempermudah akses layanan kepada masyarakat terutama paskes pertama ke paskes rujukan, jadi pada fase pertama ada Dokter bisa konsultasi melalui telemedicine tidak harus pasien dirujuk untuk kasus kasus yang pasien tidak harus dirujuk, jelasnya.

Eko mangatakan, “jadi intinya untuk mempermudah komunikasi layanan kesehatan antara paskes pertama dengan paskes rujukan”.

Dimetro ini baru pertama di lounching tapi jika inovasi sudah banyak, seperti Jama- Pai itu kan inovasi, tuturnya.

Telemedicine merupakan program pemerintah, ucapnya.(feb)

Facebook Comments Box