Beranda Lampung Danrem 043/Gatam Bersama Forkopimda Provinsi Lampung Ikuti Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

Danrem 043/Gatam Bersama Forkopimda Provinsi Lampung Ikuti Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

423
0

Lintaspost.com, Lampung – Bertempat di lapangan Lapangan Korpri Komplek Pemprov. Lampung Jl. R.W. Monginsidi. Teluk Betung Bandar Lampung, Komandan Korem 043/Garuda Hitam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., bersama forkopimda Provinsi Lampung, mengikuti upacara memperingati hari lahir Pancasila Kamis (1/6/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Lampung Ir Arinal Djunaidi dan Komandan Upacara (Danup) Mayor Pas Arief Rahman Hakim, dihadiri Ketua DPRD Lampung, Wakapolda Lampung, Kabinda Lampung, Sekdaprov. Lampung, Danlanal Lampung Kolonel, , Danlanud Pangeran M. Bunyamin, dan Ka Akun Brigif 4 Mar/BS.

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan Gubernur menyampaikan, nilai-nilai yang dikandung didalam Pancasila, merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, “

“ Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari tuhan YME untuk bangsa Indonesia, Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika, “terang Presiden dalam amanatnya..

Lebih lanjut dalam amanatnya Presiden RI menegaskan, Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila, menjadikan juga Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“ Para pendiri negara (The Founding Fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, “

“ Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, “

“ Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote, terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan, semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, .PANCASILA..!!”

Diakhir sambutannya Presiden Ri mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian, melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 dapat lebih meningkatkan lagi kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di Tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

Facebook Comments Box