Beranda Kota Metro Pelatihan Bersertifikasi “Makanan Khas Lampung”

Pelatihan Bersertifikasi “Makanan Khas Lampung”

537
0

Lintaspost.com, Kota Metro – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Koperasi UMKM dan perindustrian menggelar pelatihan bersertifikasi “Makanan Khas Lampung senin 8/5/2023 bertempat di SMKN 1 Kota Metro.

Turut hadir Asisten II Yeri Ehwan pihak Dinas Koperasi UMKM dan perindustrian, LPK, Kepala Sekolah SMK N1, penggiat budaya pangan Lampung Arif Surakhman dan para hadirin.

Asisten II Yeri Ehwan mengatakan. “tentu kita dari pemerintah daerah menyambut sangat baik dan memberikan apresiasi setinggi tingginya dari inisiatif penyelenggara kegiatan ini. Tadi kita ketahui bahwa untuk melestarikan makanan khas Lampung yang nanti akan melalui pelatihan sehingga nanti akan memenuhi syarat standar sertifikasi”.ucapnya

Hal ini agar bisa meningkatkan ekonomi para pelaku usaha yang bergerak dibidang kuliner khususnya produk usaha makanan khas Lampung.

Dia mengatakan makanan khas Lampung belum begitu terekplorasi dan terekploitasi jadi masih skala rumahan, masih dikeluarga -keluarga yang mengkonsumsi. Harapan dengan kegiatan ini makanan khas Lampung bisa lebih memasyarakat lagi, tuturnya.

Tanaman ‘isem kembang’ itu memang sangat digemari generasi-generasi tua Lampung, biasanya menu buah isem kembangi itu akan menjadi campuran seruit karena ada aroma khas yang tidak ada pada buah yang lain dan tadi ada 3 pohon yang akan ditanam.

Artinya setelah produk itu bersertifikasi, makanan itu telah siap dikonsumsi dan terjamin dari sisi keamanan baik kebersihan maupun kesehatannya ketika memenuhi standar sertifikasi dan para konsumen pun tidak perlu khawatir.

Arif Surakhman penggiat budaya pangan Lampung menuturkan, “tadi kita serah terima bibit isem kembang tujuannya agar dilestarikan dikota Metro. Kita juga akan meriset nilai ekonomis dari isem kembang itu, kita ingin metro yang memulai isem kembang menjadi icon daerah dan melestarikan kuliner masakan tradisional Lampung”.pungkasnya (feb)

 

 

 

.

i

Facebook Comments Box