Beranda Bengkulu Rakor Antar Daerah Seluma ,Bengkulu Selatan dan Kaur ke Kementrian Perhubungan RI

Rakor Antar Daerah Seluma ,Bengkulu Selatan dan Kaur ke Kementrian Perhubungan RI

466
0

Lintaspost.com, Kaur – Menindak lanjuti hasil dari rapat koordinasi antar daerah ( kab. Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur ) tentang pelaksanaan penyelenggaraan pengembangan potensi daerah pada tanggal 14 Februari 2023 yang lalu, pemerintah daerah kabupaten Kaur melalui Dinas Perhubungan melakukan kunjungan kerja ke Direktorat Prasarana Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Daerat Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Dihan Bastari sebagai utusan dari kabupaten Kaur disambut langsung oleh Kepala Subdit Jembatan Timbang Direkrorat Jenderal Perhubungan Darat – Heri dan Subdit Pengujian Kendaraan Bermotor Direktorat Lalu Lintas, Dirjen Perhubungan Darat – Yanto di Kantor Dirjen Prasarana Transportasi Jalan.

Adapun hasil dari konsultasi bersama Kepala Subdit Jembatan Timbang beliau mengatakan terkait masalah Pembangunan Jembatan, diminta agar warga atau pemerintah daerah segera menghibahkan tanah bersertifikat dilokasi yang akan dibangun. Setelah tanah dihibahkan, tahun 2024 mendatang akan dibuat DED -nya. Selanjutnya di tahun 2025 nanti kita akan dibangun fisiknya,” jelas Heri.

Sementara itu menanggapi hasil dari rakor antara kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan kabupaten Kaur tentang kerja sama transportasi darat, Subdit PKB mengatakan untuk mesin Pengujian Kendaraan bermotor (PKB) sampai saat ini belum ada bantuan. Sebagai jalan keluarnya pihak – pihak yang bersangkutan bisa pinjam mesin uji fortable ke Balai Perhubungan Lampung – Bengkulu, atau melakukan kerjasama dengan kabupaten tetangga,’ ujar Pak Yanto

Sementara itu, penanda tanganan MoU Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) antara Dinas Perhubungan Kaur, Seluma dan Dinas Perhubungan Bengkulu Selatan, akan dilaksanakan di Kota Manna pada tanggal 8 Maret 2023 mendatang atau bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Bengkulu, yang rencananya akan dilakukan oleh Kepala daerah masing – masing ( Bupati Kaur, Seluma dan Bupati Bengkulu Selatan ).

Berdasarkan kesepakatan dalam rakor, pembagian PAD sebesar 70 persen bagi yang mempunyai mesin penguji seperti kabupaten Seluma dan 30 persen bagi kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan. Jadi bagi pemilik kendaraan mobil yg ingin diuji yang ada di wilayah kerjasama direkomendasikan pengujiannya ke kabupaten Seluma baik dari Kaur maupun dari Bengkulu Selatan,” kata Dihan.

Facebook Comments Box