Beranda Lampung Selatan Sosialisasikan IPWK, Deden Alindo : Sebagai Masyarakat Kita Harus Memegang Norma

Sosialisasikan IPWK, Deden Alindo : Sebagai Masyarakat Kita Harus Memegang Norma

185
0

Lintaspost.com Ketapang — Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan lebih ke pengenalan tentang berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Legislatif dari Fraksi Perindo, Deden Alindo saat mensosialisasikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dipusatkan di Desa Sidoluhur, Kecamatan Ketapang, Kamis, (16/2/23).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa setempat, Zakaria, beserta perangkat desanya, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta para tamu undangan.

Dikatakan, Wawasan Kebangsaan Adalah Cara Pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan Wilayah yang dilandasi Pancasila UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila merupakan penjelasan umum dalam ideologi,” imbuhnya.

Dijelaskan, Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) sangat penting dalam tatanan kehidupan sehari-hari dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat.

“Ideologi yang bersumber pada nilai-nilai yang terkandung dalam lima pasal pancasila merupakan aturan mengenai moral, karenanya pelaksanaan harus berdasarkan pada keyakinan dan kesadaran penggunanya,” terangnya.

“Karenanya sebagai masyarakat kita harus memegang Norma. Norma agama, norma sosial dan sopan santun. Terlebih saat ini nilai-nilai Pancasila mulai luntur akibat pengaruh perubahan zaman,” tutup Deden. (*)

Facebook Comments Box