Beranda Provinsi Ketua TP PKK Lampung Riana Sari Lakukan Berbagai Kegiatan di Waykanan

Ketua TP PKK Lampung Riana Sari Lakukan Berbagai Kegiatan di Waykanan

28
0

Lintaspost.com, WAYKANAN – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung Riana Sari melakukan berbagai kegiatan sosial, ibu-ibu, hingga anak-anak di Kabupaten Waykanan, Selasa (12/10/2021).

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, Ketua TP PKK Dessy Afriyanti Adipati, Sekretaris Daerah Saipul, dan jajarannya menyambut kedatangan Riana Sari beserta rombongan dari Kota Bandarlampung.

Kegiatan sosialnya, Riana Sari menyerahkan bantuan sembako, alat salat, alat tulis, hygiene kit, bibit tanaman, dan bibit ikan kepada pondok pesantren, panti asuhan, ibu hamil, balita kurang gizi, desa, KWT dan PKK desa setempat.

Bersama ibu-ibu setempat, Riana Sari mengunjungi Stand PKK, Dekrenasda, PMI, LKKS, YJI, PAUD, Perwosi, dan Literasi Waykanan. Dia juga masak bersama kader PKK Waykanan menggunakan bahan lokal sebagai upaya pencegahan dan penurunan stunting.

Dengan anak-anak sekolah dasar, Riana Sari Arinal kampanyekan “Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan” (Gemarikan) dalam upaya peningkatan gizi sejak dini. Dia juga berbagi cerita dengan anak-anak sekolah dasar melalui buku-buku Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Waykanan.

Di sela kunjungannya ke kabupaten bervisi “Waykanan Unggul dan Sejahtera”, Riana Sari juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Belambangan Umpu dan donor darah.

Sebelum melakukan berbagai kegiatan, Riana Sari menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Waykanan yang telah memfasilitasi semua kegiatan.

Dijelaskannya, kunjungan ke empat tahun ini ke derah dengan mengusung tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan” bertujuan mengingatkan bahwa gerakan PKK dapat menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama di masa pandemi.

Riana Sari juga menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan dan pembinaan organisasi tingkat kabupaten/kota secara terintegrasi bersama 7 organisasi lainnya, yaitu:

1. Dekranasda

Pengembangan kerajinan dan batik motif khas Waykanan, salah satu contohnya adalah batik khas yang dipakainya dari IKM Srima Bati.

2. Pokja PAUD

PAUD Holistik Integratif yang terintegrasi antara pendidikan, kesehatan dan gizi, serta pola pengasuhan dan perlindungan, serta program Satu Desa Satu PAUD

3. Pokja Literasi

Kampanyekan literasi untuk meningkatkan minat baca, program terampil membaca untuk anak sebagai dasar anak-anak untuk belajar formal, dan program satu desa satu perpustakaan/pojok baca desa.

4. Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial

Semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang di sekitar kita, pendampingan anak-anak yang kehilangan orangtua dampak pandemi Covid-19.

5. Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia

Pendampingan terhadap atlet wanita berprestasi, memasyarakatkan olahraga dan mewujudkan keluarga sehat cinta keluarga

6. Yayasan Jantung Indonesia

Kampanyekan senam jantung sehat dan kampanye pola hidup sehat (termasuk generasi muda untuk menghindari rokok) dan pemeriksaan kesehatan secara berkala

7. Palang Merah Indonesia

Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah, dan percepatan cakupan vaksinasi

Riana Sari Arinal berharap dapat terjalin kerjasama antarorganisasi dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah agar dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat.

“Saya mengharapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penanganan dampak pandemi baik secara sosial, ekonomi maupun budaya,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya atas nama masyarakatnya mengucapkan selamat datang kepada Riana Sari Arinal.

“Alhamdulilah organisasi binaan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung yang ada di Kabupaten Waykanan sudah berjalan dan aktif melaksanakan pembinaan kepada anggota dan warga masyarakat, organisasi tersebut seperti Tim Penggerak PKK, Dekrenasda, PMI, LKKS, YJI, PAUD, Perwosi dan Literasi,” ujar Bupati.

Raden Adipati Surya juga melaporkan bahwa Tim Penggerak PKK Kabupaten Waykanan telah berkiprah secara optimal melaksanakan tugas dan fungsinya melalui beragam program dan kegiatan yang bermuara pada peningkatan kehidupan keluarga dan masyarakat.

Kegiatannya berupa pemberdayakan keluarga di bidang pendidikan dan keterampilan, mengatasi problem kesehatan ibu dan anak, meningkatkan ekonomi keluarga dalam rangka pengentasan kemiskinan, mengembangkan kehidupan berkoperasi dan lain sebagainya.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Waykanan mengharapkan agar Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung selalu memberikan pembinaan kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Waykanan,’” katanya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Facebook Comments Box