Beranda Provinsi Gubernur : 6 Prestasi ini, Para Pemenang dan Masyarakat Tingkatkan Pelestarian Alam

Gubernur : 6 Prestasi ini, Para Pemenang dan Masyarakat Tingkatkan Pelestarian Alam

313
0

Lintaspost.com, Lampung – Arinal Djunaidi selaku Gubernur Lampung menyerahkan Piagam Penghargaan kepada enam peraih Juara I Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021, di Mahan Agung, Bandarlampung, Jum’at (24/9/2021).

Adapun para peraih penghargaan tersebut yaitu:
1. Tri Endah Anggraini dari UPTD KPH Gunung Balak untuk Kategori Kehutanan PNS.
2. Slamet dari UPTD KPH Gunung Balak untuk Kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM).
3. M. Mufid Ketua KTH Sidomulyo 5 dari UPTD KPH Gunung Balak untuk Kategori Kelompok Tani Hutan (KTH).
4. Rona Fitri Kartiniyadi dari Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Bengkulu untuk Kategori Kader Konservasi Alam (KKA).
5. Suyanto Ketua Gapoktan Wana Lestari dari UPTD KPH Liwa untuk Kategori Pemegang Izin Hutan Kemasyarakatan.
6. Sabto Ketua LPHD Totoharjo dari UPTD KPH Way Pisang untuk Kategori Lembaga Pengelola Hutan Desa.

Pada kesempatan ini, Gubernur Arinal mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung.

Gubernur menjelaskan bahwa dirinya pernah bertugas sebagai Kepala Dinas Kehutanan, dan termasuk yang mampu melestarikan dan mengamankan hutan.

“Mudah-mudahan sampai kini, walaupun berkurang tapi tidak banyak. Karena ketika saya meninggalkan Kehutanan, masih terdapat sekitar 68 persen situasi hutannya masih baik,” ujar Arinal.

Gubernur harapkan pihak pengambil kebijakan dan tokoh-tokoh yang bergerak di kehutanan dapat mempertahankan fungsi hutan. “Karena apa? Dalam musim kemarau banyak orang bercerita kebakaran, tapi Lampung tidak. Pada musim hujan banyak orang bercerita kebanjiran, tapi Lampung tidak. Karena normatif fungsi hutannya masih bagus,” jelas Arinal.

Gubernur mengarahkan para pemenang lomba Wana Lestari menjadi patriot dan pejuang dalam pelestarian alam. Kalau hutannya tercemar atau rusak, maka banjir akan terjadi, panen terganggu. Kalau sudah banjir, pengendalian kriminal akan lebih besar, dan lainnya.

Oleh karena itu, kontribusi terhadap pembangunan daerah ini tentang betapa pentingnya hutan harus terus dikumandangkan. (Adpim)

Facebook Comments Box