Beranda Lampung Dinas Perkebunan Provinsi Lampung Selenggarakan Pelatihan Fasilitator Daerah I

Dinas Perkebunan Provinsi Lampung Selenggarakan Pelatihan Fasilitator Daerah I

104
0

Lintaspost.com, Bandar Lampung — Dinas Perkebunan Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Fasilitator Daerah (Fasda) I dalam rangka menciptakan Fasilitator Daerah (Fasda). Penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Fasda I ini dilaksanakan selama 5 hari, dimulai dari tanggal 15 Maret 2021 sampai dengan 19 Maret 2021 di Hotel Kurnia Dua, Bandar Lampung.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya Kegiatan Pelatihan Fasda adalah menciptakan Fasilitator Daerah guna memperkuat kelembagaan petani, memotivasi, dan pemberdayaan dalam dinamika kelompok tani.

Peran keberadaan Fasilitator Daerah diharapkan mampu memberikan hasil yang baik dalam pembentukan Sistem Kebersamaan Ekonomi di tingkat Kelompok Tani maupun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Fasilitator Daerah diperlukan guna memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani atau Gapoktan, demi memenuhi kebutuhan dan pemerataan menuju keberhasilan pembangunan perkebunan. Dengan sangat terbatasnya tenaga penyuluh, Fasda juga mempunyai peran yang penting karena harus mendampingi petani dari proses hulu sampai hilir.

Fasilitator yang sudah dilatih diharapkan bisa menjadi motivator dan inovator bagi Kelompok Tani ataupun Gapoktan, serta diharapkan mampu mengembangkan SDM yang ada di kelompok.

Peserta Pelatihan Fasilitator Daerah I ini diantaranya berasal dari Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), dan ASN Dinas Perkebunan. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Facebook Comments Box